Foto Dalam Buku Yasin

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Saya punya persoalan yang menjadi ganjalan. Seringkali apabila seseorang dalam keluarganya meninggal dunia, maka untuk mengenang almarhum, dibagikanlah buku kecil surat Yasin dan tahlil. Lengkap dengan fotonya. Ini sudah menjadi kebiasaan.

Ilustrasi buku Yasin dengan Foto Di dalamnya

Yang ingin saya tanyakan adalah: Bagaimana hukumnya meletakkan foto dalam buku tahlik tersebut?

Apakah berdosa karena termasuk menodai firman Allah atau tidak?

Diatas adalah pertanyaan dari Sahabat AkuIslam.ID dari Bogor.

Foto yang biasa terpajang di dalam buku tahlil atau Yasin, doa-doa yang biasa kita jumpai itu sama sekali tidak menodai firman Allah.

Tidak ada penodaan asma Allah jika disertai pula foto-foto orang berada dalam buku-buku, majalah-majalah dan sebagainya.

Sebab tujuannya jelas, terus fotonya juga gambar biasa. Sama halnya dengan foto atau ilustrasi yang terdapat dalam majalah yang di dalamnya juga seringkali mengutip ayat-ayat al-Qur'an.

Bila untuk tujuan politik, misalnya menaruh foto seseorang dalam sebuah buku tahlil atau yasin dengan harapan agar orang nantinya memilihnya dalam pemilihan legislatif dan sebagainya, juga tidak bisa dikatakan menodai firman Allah.

Hanya saja, orang yang melakukan hal tersebut bisa berdosa lantaran tujuannya politis, memprovokasi orang agar mau memilihnya kelak saat hari-hari yang dinanti tiba.

Tujuannya yang bisa bermasalah, sedangkan perbuatan menaruh foto-foto yang wajar, tidaklah bermasalah.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...