Osteoporosis Sembuh Dengan Stop Jengkel

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Sikap Jengkel yang dipendam dapat mengakibatkan keropos pada tulang pinggul dan oesteoporosis. Sikap terbaik jika ingin lekas sembuh adalah berhenti bersikap jengkel. Jika ada permasalahan, maka selesaikan dengan jalan musyawarah.

Ilustrasi

Saudara-saudaraku, Allah SWT menurunkan Alquran sebagai petunjuk bagi hamba-Nya. Di dalamnya terdapat penjelasan tentang semua yang bentuk musibah, salah satunya adalah datangnya penyakit. Diterangkan bahwa penyakit awalnya berasal dari perbuatan tangan diri sendiri, tingkah laku sehari-hari yang kurang baik atau dengan kata lain akhlak yang kurang terpuji sehingga menyebabkan Allah SWT menurunkan suatu musibah berupa penyakit. Salah satunya agar semata-mata manusia kembali ke jalan yang benar.

Hal ini ditegeaskan oleh firman Allah SWT sebagai berikut, "Dan sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang kecil (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat). Mudah-mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar)," (QS As-Sajdah 32:21).

Ayat tersebut lebih memperjelas lagi keinginan Allah SWT menurunkan suatu musibah semata-mata karena Allah SWT sayang kepada Hamba-Nya. Kita diingatkan dengan sakit agar kita segera sadar dan segera kembali ke jalan yang benar.

TELADAN NABI

Ketika mendapatkan musibah, kita introspeksi diri apakah selama ini sering bersikap zalim kepada orang lain, membuat sakit hati orang lain atau perbuatan dan sikap yang kurang terpuji lainnya. Karena itulah di dalam bermasyarakat, peliharalah kesopanan dan moralitas yang baik.

Sebab jika kita berbuat dan bersikap baik kepada orang lain, akan menghadirkan kesenangan bagi orang lain dan mereka akan memperlakukan kita sama baiknya.

Moralitas merupakan salah satu bagian penting dalam agama Islam. Bagi seorang muslim, contoh atau teladan terbaik adalah Nabi Muhammad Saw. Allah sendiri yang menjadikan beliau sebagai uswatun hasanah.

Mengapa demikian? Allah telah memuji moralitas akhlak beliau dengan menyatakan, "Sesungguhnya engkau (muhammad) berada di atas tataran akhlak yang tinggi dan agung,"(QS. Al Qalam 68:4).

Usai tausiyah, seorang ibu rumah tangga, Ny Wati mengeluh menderita oesteoporosis yang membuat tubuhnya sulit digerakkan. Tulang belakang bagian bawah dekat tulang ekornya mengalami keropos, padahal umurnya belum genap 40 tahun.

"Mengapa bisa seperti ini Ustad?" tanyanya.

TULANG KEROPOS

Saya jelaskan padanya bahwa keroposnya tulang di bagian belakang dapat disebabkan karena melakukan akhlak yang tidak terpuji, khususnya jika ada masalah maka ia akan cenderung mendiamkannya dan diikuti oleh jengkel. Hal itu berlangsung terus menerus sehingga mengganggu kesehatan tulang.

"Coba jujur sekarang, kepada siapa Anda sering jengkel di rumah?" tanya saya.

"Benar Ustad, di rumah saya jengkel dengan anak gadis saya, dia malas untuk bersih-bersih rumah, padahal maksud saya mengajarinya tentang kebersihan," ujarnya.

Saya jelaskan padanya, sikap terbaik jika ingin sembuh adalah berhenti bersikap jengkel. Jika ada permasalahan di dalam keluarga, sebaiknya dimusyawarahkan dan dibicarakan secara baik-baik.

"Selain itu, bertobatlah kepada Allah SWT dan saling memaafkan dengan anak atau keluarga," pungkas Saya.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...