Harta Waris

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Saya seorang cucu dari kakek yang mempunyai 5 orang istri. Untuk lebih jelasnya saya terangkan satu persatu karena saya tidak tahu bagaimana cara menyingkatnya.

Ilustrasi

1. Istri Pertama : Punya anak 2 (perempuan semua)
    a. Aisyah : Punya anak : Tini, Evi
    b. Jumiati : Punya anak : Susi, Tono

2. Istri Kedua : (Astuti) tidak punya anak.

3. Istri Ketiga : Punya anak 1 Lula (perempuan)

4. Istri Keempat : Punya anak 1 Amir (laki-laki)

5. Istri Kelima : Tidak punya anak.

Dari ketiga istrinya, ia mempunyai 4 orang anak, yaitu: 3 perempuan dan satu laki-laki. Dengan alasan tidak mempunyai anak, maka istri kedua kakek (Ibu Astuti) mengambil saya (Tini) cucunya kakek dari istri pertama sebagai anak angkat.

Dari keempat anak tersebut, 3 perempuan sudah dibuatkan rumah oleh kakek. Tinggal satu anak laki-laki yang belum diberi apa-apa.

Keempat istrinya sudah cerai, tinggal satu (Ibu Astuti) yang menemani kakek hingga meninggal dunia. Satu-satunya peninggalan kakek dan sekaligus bapak angkat saya yang masih ada, yaitu rumah yang ditempati ibu Astuti dan saya.

Rumah yang saya tempati terssebut diakte tanah atas nama Ibu Astuti, kemudian atau kehendaknya disertifikatkan atas nama saya.

Menurutnya, sayalah satu-satunya orang yang akan dia ikuti sampai tua, disamping itu sebelum meninggal, kakek sempat berwasiat agar rumah itu untuk saya.

1. Menurut hukum pemerintahan rumah itu syah untuk saya, tetapi bagaimana menurut hukum Islam dan bagaimana dengan anak laki-laki yang sedang meminta bagian, bagaimana pula dengan 3 orang anak perempuan yang lain. Sebab, kalau menurut Ibu Astuti mereka disuruh minta kepada ibu kandungnya yaitu harta yang dikumpulkan waktu sebelum cerai (gono-gini).

2. Apabila dibagi, berapakah bagian masing-masing yang harus mereka terima, benarkah anak angkat tidak mendapat bagian?

Diatas adalah pertanyaan yang dikirim dari Sahabat AkuIslam.ID dari Jawa Tengah.

1. Kalau masing-masing istri memang sudah dapat bagiannya dan juga sudah diikrarkan, bahwa yang diberikan untuk istri-istrinya sekaligus untuk anak-anaknya juga. berarti masing-masing sudah memiliki rumah. Jadi kalau betul itu milik ibu angkat Anda, dia hanya boleh memberikan pada Anda 1/3. itu aturan yang di Alquran. Sisanya harus diberikan kepada keluarga ibu angkat itu sendiri.

2. 2 bagian untuk anak laki-laki 1 bagian untuk anak perempuan. Anak angkat tidak dapat bagian, yang ada hadiah dan tidak lebih dari 1/3.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...