Tuntunan Shalat Idul Adha

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Rasulullah Saw tidak pernah melalaikan shalat hari raya Idul Adha pada 10 Zulhijah. Bahkan begitu pentingnya, Rasulullah Saw menyuruh wanita-wanita yang haid agar ikut menyaksikannya. Berikut tuntunan shalatnya.

Ilustrasi

Sesampainya di tempat shalat, tetaplah bertakbir sampai imam memberi tanda akan dimulainya shalat. Kalau sudah begitu, segeralah berdiri dan menata niat shalat hari raya Idul Adha.

Bagi yang melafalkan niat shalatnya, "Ushalli sunnatal li'iidil adha rak'ataini makmuman lillahi ta'alaa (Saya niat shalat sunah hari raya Idul Adha dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta'ala)."

TAKBIR 7 KALI

Begitu Imam sudah mengangkat tangan untuk takbiratul ihram, segeralah mengikutinya pula. Tak lama, usai membaca iftitah (pelan), sebelum membacalah ta'awud, "Audzubillahi minasysyaithaanir rajiim (aku berlindung dari godaan setan yang terkutuk)." Imam akan takbir tujuh kali. Ikutilah takbir tersebut (dengan suara jelas/terang) sebagaimana di kumandangkan Imam.

RAKAAT PERTAMA

Di sela-sela takbir, bacalah tasbih (dengan pelan), "Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaaha illallah wallahu akbar (Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar)."

Nah, Setelah takbir ketujuh, imam akan membaca surat Al Fatihah. Ikutilah dengan khusus sampai selesai dan dilanjutkan dengan membaca Surat Alquran. Ikutilah semua gerakan imam sampai rakaat pertama usai.

Sebagian ulama menjelaskan, pada rakaat pertama setelah membaca Fatihah, membaca surat Al A'la.

RAKAAT KEDUA

Pada rakaat kedua, sebelum membaca taawud dan Fatihah, Imam bertakbir lima kali. Sebagaimana rakaat kedua, ikutilah takbir tersebut dengans uara yang terang/jelas serta membaca tasbih di sela-sela takbir tersebut sebagaimana di rakaat pertama.

Sebagian ulama fikih menjelaskan, pada rakaat kedua setelah Fatihah membaca surat Al Ghasyiyah.

MENYIMAK KHUTBAH

Nah, begitu usai salam, jangan langsung beranjak untuk pulang, tetaplah duduk dan mendengarkan khutbah hari raya dengan hikmat. Setelah selesai pelaksanaan shalat hari Raya Idul Adha, segeralah berbondong-bondong ke tempat penyembelihan bintangan kurban.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...