Tips Memilih Hewan Kurban Sesuai Ajaran Islam

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Ketika hari raya Idul Adha tiba, kita diperintahkan untuk menyembelih hewan kurban. Tentu tidak sembarangan hewan, pilihlah yang sehat dan cukup umur. Tak hanya itu, dalam berkurban pun ada doa-doa dan sunah-sunahnya. Berikut tuntunannya.

Kambing Kurban

Tak lama lagi kita bersua dengan hari raya Idul Adha. Di moment itu kita disyariatkan untuk berkurban. "Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar," (Terjemah QS Ash-Shaffat: 107).

Dalam ayat lain juga dijelaskan, "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berqurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus," (Terjemah QS. Al Kautsar (108): 1-3). Tentu ada cara dan aturannya bahkan doanya dalam berkurban. Berikut panduan pada ulama:

SUDAH CUKUP UMUR

Jika kita mampu segeralah mencari hewan kurban. Tapi ingat, carilah yang pas umurnya, tidak kurang dari satu tahun serta sudah ganti gigi. "Janganlah kalian menyembelih untuk kurban, kecuali al-musinnah (yang sudah berumur satu tahun/telah berganti gigi), kecuali jika sukar didapati, maka boleh yang baru berumur enam bulan," (HR. Muslim).

PILIH YANG SEHAT

Setelah itu pastikan hewannya sehat dan tidak cacat. Hindari hewan yang pincang, tanduknya patah atau telinganya terpotong atau hewan yang sakit. Disunnahkan pula menggemukkan hewan kurban dan memperbagusnya. Ibnu 'Abbas ia berkata: "Mengagungkan syi'ar-syi'ar Allah yaitu dengan menggemukan (hewan kurban)." (HR. Thabari).

HATI-HATI KUKUNYA

Begitu masuk bulan Dzulhijjah, jangan memotong kuku, rambut kepala dan menghilangkan rambut badan yang kusut dari hewan tersebut.

Dari Ummu Salamah bahwa Nabi bersabda: "Jika kalian melihat hilal pertanda datangnya Bulan Dzulhijjah, dan kalian ingin untuk berkurban, maka janganlah ia memotong rambut atau kukunya)." (HR. Muslim).

Dalam hadis lain di ingatkan juga: "Maka jangan sekali-kali ia mengambil rambut atau memotong kukunya," (HR Muslim).

SEGERA SERAHKAN

Setelah hewan yang akan Anda kurbankan siap, maka setelah salat Idul Adha, segeralah menyerahkannya untuk disembelih. Imam Nawawi menjelaskan, dari riwayat Imam Muslim bahwa Nabi bersabda: "Barangsiapa yang menyembelih sebelum salat, maka ia menyembelih untuk dirinya sendiri, dan barangsiapa yang menyembelah setelah shalat, maka telah sempurna ibadahnya dan sesuai dengan sunnah kaum muslimin," (HR Muslim).

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...