Saat Rasulullah Membaca Isi hati Sahabatnya

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Rasulullah Muhammad Saw merupakan manusia yang sempurna. Salah satu mukjizatnya adalah kemampuan beliau dapat membaca isi hati sahabatnya. Peristiwa tersebut terjadi pasca kemenangan Perang Hunain. Berikut kisahnya.

Ilustrasi

Kisah tersebut diceritakan oleh Al Waghisidi dalam kitabnya Al Maghazi. Diceritakan, setelah kemenangan umat Islam dalam peperangan Hunain, Rasulullah Saw berkeliling untuk memeriksa harta rampasan perang. Kala itu, ada salah satu sahabat bernama Shafwan yang mengiringinya bersama rombongan umat Islam lainnya.

Tatkala rombongan Nabi Muhammad Saw melalui sebuah lembah yang penuh dengan unta dan kambing, Shafwan menatap ternak-ternak itu dengan tajam. Saat itulah, Shafwan memiliki keinginan dalam hatinya untuk memiliki ternak yang ada di lembah itu.

Namun, Shafwan tak berani berbuat jauh untuk mengutarakan keinginannya itu. Ia hanya bisa memendam keinginan itu dalam-dalam.

Ketika Shafwan semakin larut dalam lamunannya, tiba-tiba ia dikagetkan dengan ucapan Rasulullah Saw. "Senangkah engkau terhadap apa yang engkau lihat saat ini?" tanya Rasulullah Saw kepada Shafwan.

"Ya, senang sekali Rasulullah," jawab Shafwan dengan tenang.

HARTA GHANIMAH

Namun, Shafwan dilanda kerisauan saat itu. Ia takut Nabi Saw mampu mengetahui isi hatinya yang ingin memiliki ternak-ternak itu. Maka, keringat dingin pun mulai membasahi tubuhnya dan Shafwan semakin gugup.

"Kalau begitu, semua ternak yang ada di lembah ini untukmu," ujar Rasulullah lagi.

Mendengar penuturan Nabi Muhammad Saw, tubuh Shafwan makin bergetar hebat. Ia mulai sadar, isi hatinya telah terbaca oleh Rasulullah Saw. Dengan suara yang agak terbata-bata, Shafwan mengiyakan perintah itu.

"Aku bersaksi bahwa engkau adalah utusan Allah, tidak mungkin hati seorang sedemikian baiknya, kecuali hati seorang Nabi," katanya kala itu.

"Apa yang sedang engkau pikirkan, wahai Shafwan?" tanya Rasulullah SAW.

"Sesungguhnya aku baru saja melihat salah satu dari mukjizat utusan Allah SWT yang tak dapat dilakukan orang lain," ujar Shafwan penuh ketakjuban.

Untuk mengetahui isi hati seseorang, tidak mungkin dapat dilakukan oleh manusia biasa, kecuali orang tertentu yang telah diberikan kelebihan oleh Allah SWT, sehingga pandangannya menembus tabir dalam musyahadah (alam gaib).

DOA RASULULLAH

Seperti yang tertulis dalam sirah Nabawiyah, dalam Perang Hunain, tentara Islam berperang melawan tentara Hawazin yang bersarang di kota Thaif. Dalam peperangan ini, tentara Islam berjumlah 12 ribu orang, sedangkan tentara Hawazin sejumlah 10 ribu orang dan mendapat bantuan dari kabilah lain, sehingga berjumlah total 20 ribu tentara.

Dalam pembagian harta rampasan perang tersebut, Rasulullah Saw membagi-bagikannya kepada tentara Islam. Perang Hunain sendiri terjadi pada bulan Syawal tahun 8 H.

Sebagian tentara Islam pulang membawa kambing, unta, emas, dan perak. Tetapi kaum Anshar membawa Rasulullah bersama mereka. Rasulullah Saw berdoa, "Ya Allah, rahmatillah Ansar, anak-anaknya, dan cucu-cucunya. ya Allah SWT, musuhilah mereka yang memusuhi Ansar, dan dukunglah mereka yang mendukung Ansar."

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...