Pahala Menjadi Seorang Guru!!!

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Hargailah guru kalian karena mereka-merekalah yang sudah menjadikan kita ini menjadi orang yang lebih tau dari yang sebelumnya tidak tau.

Ilustrasi

Menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang sangat mulia, terlebih-lebih jika menjadi guru ngaji. tentunya pahalanya berlipat-lipat terlebih jika anak didik yang diajarkan terus mengamalkan apa yang diajarkan.

Berbahagialah menjadi guru, lebih-lebih guru ngaji. Sebab setiap yang kita ajarkan untuk orang, sejatinya menjadikan kita mendapat kebaikan berlipatganda. Berikut keutamaan seorang guru dalam Islam.

KEBAIKAN BERLEBIH

Dari Abu Mas'ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." (HR. Muslim no. 1893).

Kebaikan yang dimaksudkan dalam hadis ini adalah kebaikan agama maupun kebaikan dunia. Berarti kebaikan yang dimaksudkan bukan hanya termasuk pada kebaikan agama saja.

Termasuk dalam memberikan kebaikan di sini adalah dengan memberikan wejangan, nasihat, menulis buku dan ilmu yang bermanfaat.

PULUHAN KEBAIKAN

Nilai kebaikan yang kita ajarkan kepada orang lain sepadan dengan pahala puluhan orang yang terpercaya. Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang mempelajari 1 bab dari ilmu untuk diajarkan kepada manusia, maka ia telah mendapat pahala 70 orang shiddiq (orang yang benar dan membenarkan beliau seperti Abu Bakar As-Siddiq)".

DIDOAKAN MALAIKAT

Tak hanya dihargai manusia, malaikat pun mendoakan orang yang mengajarkan ilmu dan kebaikan. Dari sahabat ABi Umamah RA. : Sesungguhnya Rasulullah SAW., bersabda: "Keutamaan Orang Alim dibandingkan dengan orang yang ahli beribadah (tapi tidak alim), seperti keutamaanku di banding orang paling rendah kalian", kemudian Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah, malaikatnya dan makhluk (yang berada) di langit dan bumi sampai semut di lubangnya sampai ikan, mendoakan selamat pada orang yang mengajar kebaikan pada manusia." (HR. Imam Turmudzi).

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...