Menghafal Al-Qur'an, Bermanfaat Bagi Kesehatan

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Bahagialah para penghafal al-Qur'an sebab mereka dapat memperoleh banyak manfaat kesehatan.

Penghafal Alquran

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. DR. Shalih bin Ibrahim, profesor Ilmu Psikologi Jiwa, dari Universitas Al-Imam Ibnu Sa'ud Al-Islamiyah, Riyadh, Saudi Arabia, membuktikan kaitan erat antara hafalan al-Qur'an dan kesehatan.

Dalam penelitian itu, ia membagi mahasiswa dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah mahasiswa-mahasiswi Universitas Malik Abdul Aziz di Jeddah, sementara kelompok kedua mahasiswa-mahasiswi Universitas al-Khairiyah Litahfidzil Qur'an al-Karim di Jeddah. Jumlah mereka sama, yaitu 170 orang.

Hasil penelitian ilmiah ini membuktikan ketika kadar hafalan al-Qur'an mahasiswa meningkat, maka akan meningkat pula kesehatan jiwanya.

Para mahasiswa yang memiliki hafalan yang bagu memiliki kesehatan jiwa yang jauh lebih tinggi.

Keuntungan psikologis bagi mereka yang sering membaca atau mengkaji al-Qur'an sebenarnya sudah sering dibicarakan. Tapi lewat kajian dari Dr. Shalih bin Ibrahim ini, semua anggapan itu memiliki legitimasi ilmiah yang kuat. Penelitian ini sendiri dilakukan sekitar tahun 2009 lalu.

Kesehatan psikologis sendiri adalah kondisi dimana terjadi keselarasan psikis individu dari tiga faktor utama, yakni agama, spiritual, sosiologis, dan jasmani. Untuk mengukurnya, Dr. Shalih menggunakan parameter kesehatan psikis model Sulaiman Duwairiat, yang terdiri dari 60 unit.

Penelitian ini menemukan adanya korelasi positif antara peningkatan kadar hafalan dengan tingkat kesehatan psikis. Mahasiswa yang unggul di bidang hafalan al-Qur'an memiliki tingkat kesehatan psikis yang berbeda secara jelas dibanding dengan mereka yang hafalan al-Qur'annya tidak bagus.

Setiap orang yang menghafal sebagian atau seluruh dari al-Qur'an dan mendengar bacaan al-Qur'an secara kontinyu pasti merasakan perubahan yang besar dalam hidupnya. Hafalan al-Qur'an juga berpengaruh pada kesehatan fisik. Melalui pengalaman dan pengamatan, dipastikan bahwa hafalan al-Qur'an itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada seseorang, dan membantu sang hafiz terjaga dari berbagai penyakit.

Allah swt berfirman, "Sebenarnya, al-Qur'an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang lalim." (QS. Al-Ankabut [29]: 49).

Kajian ini memberi gambaran nyata hubungan antara kualitas keberagamaan dengan berbagai bentuknya, terutama menghafal al-Qur'an dan pengaruh-pengaruhnya terhadap kesehatan psikis individu dan kepribadiannya, dibanding dengan individu-individu yang tidak disiplin dengan ajaran-ajaran agama Islam atau tidak menghafal al-Qur'an sedikit atau seluruhnya.

BEBERAPA MANFAAT HAFALAN AL-QUR'AN BAGI KESEHATAN

  1. Pikiran Yang Jernih 
  2. Kekuatan memori.
  3. Ketenangan dan stabilitas psikologis.
  4. Senang dan bahagia.
  5. Terbebas dari takut, sedih dan cemas.
  6. Mampu berbicara di depan publik.
  7. Mampu membangun hubungan sosial yang lebih baik dan memperoleh kepercayaan dari orang lain.
  8. terbebas dari penyakit akut.
  9. Dapat meningkatkan IQ.
  10. Memiliki kekuatan dan ketenangan psikologis.

Jadi, ayo menghafal al-Qur'an semampu kita!!!

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...