Hukum Gosip Dan Infotainment

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Saya ibu rumah tangga. Dalam pergaulan sehari-hari di komplek atau perumahan tempat saya tinggal, ibu-ibu di lingkungan saya sering ngomongin orang (ghibah). Ada saja yang digunjingkan. Dalam hati kecil, saya menolak untuk ikut-ikut menggunjing orang.

Ilustrasi

Tapi, kalau saya tidak ikut nimbrung, saya malah dianggap tidak bergaul dengan tetangga. Ini jadi serba salah. Selama ini saya hanya menjadi pendengar saja ketika ada isu atau gosip yang hangat dibicarakan ibu-ibu komplek.

Tapi, meski hanya ikut mendengarkan saja, hati kecil saya tetap merasa tidak nyaman. Saya masih ragu, apakah yang saya lakukan ini sudah benar. Apakah hanya mendengarkan saja itu tidak termasuk ikut berbuah ghibah? Setahu saya, itu sudah termasuk ghibah.

Kedua, saya juga ingin bertanya soal menonton tayangan infotainment yang umumnya bernuansa gosip. Bagaimana itu hukumnya? Apakah kita boleh menonton acara tersebut?

Diatas adalah pertanyaan dari Sahabat AkuIslam.ID dari Palembang.

Dalam al-Qur'an sudah jelas bahwa ghibah itu hukumnya haram. Itu dilarang oleh Allah. Jangan suka mengorek-orek aib orang. Jangan menggunjing, dan sebagainya. Kalau kita punya aib, terus aib kita dijadikan bahan omongan orang lain, apakah kita mau? Tentu kita tidak mau. Karena itu, kalau kita tidak mau diomongin orang, maka kita jangan ngomongin orang.

Makanya, kata Nabi, orang yang suka menggunjing orang lain (ghibah) di akhirat kelak aibnya akan dibuka oleh Allah. Apakah kita mau? Oleh karena itu, jangan kita lakukan, meskipun kita hanya sebagai pendengar. Itu sama saja.

Lalu bagaimana dengan menonton tayangan infotainment? Itu juga sama saja dengan ghibah. Itu dosa. Kita yang menonton, yang membuat (produser), wartawannya, maupun yang terlibat di dalamnya, itu juga ikut-ikut berbuat dosa. Karena itu harus kita hindari. Jangan ditonton.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...