Dosa Kecil Tapi Berat!!!!

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Seorang dosen bertanya singkat kepada para mahasiswanya, "Dosa apa yang tidak diampuni Allah, sehingga dimurka selamanya?"

Ilustrasi

"Berbuat syirik, Pak," jawab seorang mahasiswa.

"Kenapa?" dosen itu balik bertanya.

"Inna syirka lazhulmun 'adzim: sesungguhnya syirik itu kesesatan (dzalim atau dosa) besar," kata Mahasiswa itu, sambil mengutip ayat.

"Para sahabat Nabi umumnya pernah syirik, tapi, ketika mereka sadar, Allah mengampuni mereka. Bahkan mereka menjadi manusia pilihan Nabi di kemudian hari," sanggah sang dosen.

"Kalau begiu, dosa mencuri, Pak!" jawab yang lain.

"Nabi Adam pernah melakukan kesalahan besar dalam mengambil dan memakan buah Khuldi yang bukan haknya, karena Allah melarangnya. Artinya ia telah mencuri. Akibatnya ia diusir ke bumi. Tapi, setelah ia memohon ampun hingga ribuan tahun, toh akhirnya Allah mengampuninya."

"Dosa membunuh, Pak," jawab mahasiswa di belakang.

Si dosen bercerita. "Dalam kitab, Nasha'ihul 'ibad diriwayatkan ada pemuda yang telah membunuh 99 jiwa orang. Ia kemudian berniat bertaubat, dan tiba-tiba ia meninggal dunia dalam perjalanan menuju taubat. dalam kitab tersebut disebutkan bahwa taubatnya diterima Allah."

"Lalu apa dong, Pak?" tanya mahasiswa serentak.

"Apa yang kalian sebutkan itu adalah dosa-dosa besar."

"Maksud saya adalah," lanjutnya, "Dosa kecil, yang tidak kita sadari, tapi itu membuat Allah murka selamanya. Bisa-bisa kita tidak diampuni."

"Apa itu, Pak?" tanya mahasiswa, penasaran.

"Kalian tahu, apa kesalahan Iblis sehingga ia dilaknat Allah sampai hari Kiamat, dan tidak diampuni atas kesalahannya itu? Padahal, kesalahannya tergolong 'kecil' bila dibanding syirik, membunuh, mencuri, bahkan zina sekalipun." semua mahasiswa di kelas itu diam sambil berpikir.

"Iblis melakukan kesalahan kecil, tapi berat dan fatal akibatnya. Mereka sombong. Mereka tidak mau hormat (sujud) kepada Nabi Adam lantaran merasa paling hebat," jelas sang dosen.

Jika seseorang memiliki sifat sombong, maka ia sama seperti iblis. Orang sombong kecenderungannya tidak menyadari kesalahannya. Karena, sombong itu adalah sifat utama iblis. "Hati-hatilah! Jangan sampai kita dilaknat Allah lantaran kita punya sifat sombong!" pesan sang dosen. pelan.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...