Doa Orang Lain

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Alkisah, tersebutlah seorang pemabuk yang akan mengadakan pesta minuman keras. Ia mengundang teman-temannya. Ia memberi budaknya 4 dirham untuk membeli buah-buahan sebagai jamuan tamunya.

Ilustrasi

Di perjalanan, si budak mendengar seorang alim bernama Manshur bin Ammar sedang mengadakan pengajian. "Aku tengah mencari dana bagi orang kafir, jika kau beri orang fakir itu 4 dirham, maka akan kudoakan empat kebaikan," ujar Manshur.

Si budak pun tertarik. Ia menyerahkan uang empat dirham tersebut.

"Apa yang kau inginkan?" ujar Manshur.

"Aku budak, aku ingin merdeka," ujar si budak.

Manshur pun mendoakan, "Apa lagi?" tanyanya.

"Doakan agar Allah mengganti empat dirham itu," ujar si budak lagi.

"Baik. Apa lagi?" tanya Manshur setelah mendoakan yang kedua.

"Doakan agar tuanku bertaubat. Dan yang terakhir, doakan agar aku, majikanku, dirimu, dan jamaahmu, diampuni Allah swt," ujar si budak lagi.

Manshur pun mendoakan dan si budak pun kembali pulang.

Tuannya yang gusar karena si budak lama perginya segera mencecarnya dengan pertanyaan. Si budak pun jujur menceritakan semuanya.

Entah karena tersentuh dengan keinginan budaknya, si pemabuk ternyata memenuhi harapan budaknya yang bersesuaian dengan doa Manshur bin Ammar. Ia memerdekakan budaknya itu, mengganti uang 4 dirham yang disedekahkan dengan 40 dirham yang ia serahkan untuk jadi milik budaknya, dan ia mengikrarkan kata taubat dan akan meninggalkan semua perbuatannya yang tak baik, terutama minum-minuman keras.

Perihal doa keempat si pemabuk berserah diri kepada Allah. Namun, saat si pemabuk tidur, ia mendengar ada bisikan yang mengatakan Allah tak akan melalaikan tugasnya untuk mengampuni hamba-hamba-Nya setelah si hamba menunaikan tugasnya dengan bertaubat.

Demikianlah. Manshur bin Ammar sama sekali tak mengenal si pemabuk. Namun demi menolong si fakir, ia mau mendoakan orang lain yang juga merupakan suatu pertolongan. Si Budak juga melakukan hal itu demi menolong tuannya agar terhindar dari kemaksiatan yang langgeng.

Rasa cintanya pada tuannya tampak lebih besar hingga ia mau "menyimpangkan" tugas yang diberikan kepadanya demi melihat ada peluang kebaikan yang bisa didapat tuannya.

Dari empat doa itu, hanya satu yang murni untuk kepentingan si budak, yakni agar ia dimerdekakan. Begitulah lingkaran doa dari orang-orang yang ada di sekeliling kita, ternyata sangat bermakna dan dapat memulangkan seseorang dalam kebaikan.

Nabi Muhammad Saw bersabda bahwa doa muslim bagi saudaranya tanpa sepengetahuannya adalah terkabul. Karena ada malaikat di tiap kepala muslim yang berkata 'amin' setiap kali muslim itu berdoa seraya mendoakan agar si muslim mendapatkan kebaikan serupa doa yang dia ucapkan.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...