Doa Menyembelih Hewan Kurban

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Dari Qatadah dan Anas r.a., Nabi Saw berkurban dengan dua ekor domba jantan putih campur hitam lagi bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya sambil membaca "Basamalah dan bertakbir dan meletakkan kaki beliau diatas leher keduanya."

Hewan Kurban

DOA NABI

Dalam Shahih Muslim, Nabi Saw bersabda saat menyembelih hewan kurbannya, "Bismillahi Allahumma taqobbal min muhammadin wa aali muhammadin wa min ummati muhammadin."

(Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, terimalah dari Muhammad dan keluarga Muhammad serta umat Muhammad).

Imam Nawawi berkata dalam mensyarah hadits ini bahwa di dalamnya terdapat dalil untuk dianjurkannya seorang yang berkurban saat menyembelih bersamaan membaca Bismillah dan takbir membaca "Allahumma Taqabbal Minni" (Ya Allah Terimalah dariku).

KURBANNYA SENDIRI

Jika kita menyembelih sendiri hewan kurban, doannya; "Bismillah Wallahu Akbar." (Ya Allah terimalah dariku dan keluargaku).

Atau dengan menyebut namanya sendiri: "Bismillah Wallahu Akbar," (Ya Allah terimalah dari fulan dan keluarga fulan).

Dari Jabir bin Abdillah, ia berkata: Aku menghadiri Shalat Idul Adha bersama Nabi Saw di Mushalla. Saat beliau selesai berkhutbah, beliau turun dari mimbarnya. Kemudian dibawakan satu ekor domba lalu Rasulullah Saw menyembelihnya sendiri dengan tangannya sambil membaca: "Bismillah Allahu Akbar." (Ini dariku dan dari umatku yang tidak berkurban)." (HR. al-Tirmidzi dan disahihkan Al-Albani dalam Shahih al-Tirmidzi).

Jika menyembelihkan kurban orang lain, maka sesudah membaca basmalah dan takbir, lalu membaca: "An Haadza fu laani (nama yang berkurban) Allahumma taqobbal min fulaanin (nama yang berkurban) wa aali fulaanin (nama yang berkurban)." (Ini dari si fulan, Ya Allah, terimalah dari fulan dan keluarga fulan).

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...