Di Amerika Serikat, Sekolah Islam makin Diminati

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Sekolah muslim kini kian diminati dan berkembang di mancanegara. Seperti di Amerika Serikat, para orang tua lebih memercayakan anaknya ke sekolah muslim.

Sekolah Islam Di Amerika Serikat

Di tengah meningkatnya sentimen anti-islam di sekolah negeri, sekolah-sekolah Islam tumbuh lebih menarik bagi keluarga muslim di Amerika Serikat. Mereka pun mendaftarkan anak-anak mereka ke sekolah Islam agar menjadi muslim yang baik dan nyaman.

"Sangat penting bagi anak-anak muslim untuk dapat pergi ke sekolah yang menegaskan siapa mereka dan memungkinkan ruang kreatif menjadi muslim yang nyaman," kata Fatima Bailey, mantan guru sekolah Islam dan konsultan pendidikan di San Francisco

Estimasi menunjukkan, minat muslim Amerika mendaftarkan anak mereka di sekolah-sekolah Islam meningkat. Hampir ada 40.000 siswa yang terdaftar di sekitar 240-250 sekolah Islam di Amerika Serikat meningkat 25 persen dari tahun 2006.

LEBIH AMAN

Siswa di sekolah Islam diajari sesuai dengan kurikulum standar yang diadopsi dari sekolah umum. Selain belajar bahasa Arab dan Alquran, siswi kelas lima ke atas diwajibkan memakai jilbab.

"Kami ingin membekali para siswa untuk menjadi warga negara muslim yang produktif di masyarakat Amerika dan warga yang produktif di akhirat, yaitu surga," kata Habeed Quadri, seorang guru berusia 36 tahun di Muslim Community Center Full Time School.

Sekolah Islam Di Amerika Serikat

Keluarga muslim melihat sekolah-sekolah Islam sebagai tempat yang lebih aman bagi anak-anak mereka dibandingkan sekolah umum. Beberapa keluarga juga melihat sekolah-sekolah Islam lebih menguntungkan bagi anak-anak mereka untuk unggul dengan menghindari kon flik antara sistem pendidikan dan ajaran Islam, seperti kelas renang mahasiswi.

Jika di Amerika sekolah Islam diminati, namun tidak begitu dengan di Luxemburg. Walau sekolah Islam belum menjamur, namun bukan berarti hak siswa-siswi muslim di sana tidak diperhatikan. pada tahun 2011, Kementerian Pendidikan Luxemburg membuat draft usulan agar sekolah-sekolah menyediakan ruang untuk shalat bagi siswa muslim, mengizinkan siswi muslim mengenakan jilbab dan pemisahan antara siswa laki-laki dengan perempuan saat pelajaran olahraga.

KEPENTINGAN SISWA

Kementerian Pendidikan Luxemburg mengirimkan proposal itu ke seluruh kepala sekolah untuk dimintai pendapatnya. Proposal itu sebenarnya berstatus rahasia, tapi tercium oleh organisasi humanis lokal yang membeberkannya ke publik.

Kementerian mengusulkan sekolah menyediakan ruang khusus untuk shalat bagi siswa muslim agar mereka tidak salat di sembarangan tempat. Selain itu, dalam usulan tersebut, kementerian juga meminta pihak sekolah membolehkan siswi muslim mengenakan cadar dan tidak ikut dalam olahraga renang.

Menteri Pendidikan Luxemburg Mady Delvaux mengungkapkan, draft tersebut dibuat atas permintaan kepala-kepala sekolah yang menginginkan adanya pedoman yang detail untuk merespon kepentingan-kepentingan terkait siswa-siswi muslim.

Sekolah-sekolah di Luxemburg menyatakan sering menghadapi kasus-kasus siswa-siswi muslim menginginkan untuk mengenakan busana sesuai ajaran agamanya, atau mereka yang menolak mengikuti pelajaran tertentu, bahkan menuntut agar pihak sekolah memberikan hak kebebasan menjalankan ajaran agama di sekolah.

Wakil Presiden organisasi Shura-wadah komunitas muslim di Luxemburg Jean Luc Karleskind mengatakan, pihaknya belum dihubungi atau diajak berkonsultasi terkait proposal itu dan permintaan atas proposal tersebut bukan dari komunitas muslim.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...