Aqiqah Dan Kurban, Mana Yang Didahulukan?

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Manakah yang harus lebih didahulukan, Aqiqah atau Kurban?, tentu pertanyaan ini akan muncul dalam benak kalian setiap kalian ingin berkurban akan tetapi kalian belum melakukan aqiqah!

Kambing

Menurut pandangan masyarakat di lingkungan tempat tinggal saya, ada yang beranggapan bahwa siapa yang ingin berkurban di Hari Raya Idul Adha, maka aqiqahlah terlebih dahulu baru kemudian berkurban.

Benarkah pendapat tersebut? Bagaimana hukumnya jika seorang berniat berkurban tapi dia belum beraqiqah?

Diatas adalah pertanyaan yang dikirim dari Sahabat AkuIslam.ID dari Jawa Barat.

Perlu diketahui bahwa aqiqah itu berbeda dengan kurban. Keduanya tidak bisa disamakan. Aqiqah berkaitan dengan kelahiran seorang bayi. Jadi yang dikenai beban untuk melaksanakan sunnah tersebut adalah orangtuanya, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT telah mendapatkan momongan.

Rasulullah Saw bersabda, "Anak yang baru lahir hendaknya diaqiqahi. Alirkanlah darah (sembelihan kambing) dan hilangkanlah kotoran serta penyakit yang menyertai anak tersebut (cukurlah rambutnya)" (HR. Bukhari, Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi).

Ketentuan aqiqah untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor kambing. Di sunnahkah untuk melaksanakan aqiqah pada hari ke-7, sebagian menyebutkan hari ke-14 dan ada yang menyebut hari ke-21 dari kelahirannya.

Sementara berkurban berkaitan dengan hari raya Idul Adha. Syariat berkurban ini dipertegas Al-Qur'an dalam kisah Ibrahim yang diperintahkan untuk menyembelih putranya Ismail.

Para ulama fiqih menghukumi berkurban sebagai sunnah muakkadah, artinya sangat ditekankan agama kepada orang muslim yang mampu. Adapun waktu pelaksanaan kurban adalah seusai melakukan shalat Idul Adha, 10 Dzulhijjah sampai terbenamnya matahari pada akhir hari tasyriq yaitu 13 Dzulhijjah. Jadi ada waktu selama empat hari untuk melaksanakannya.

- Baik aqiqah maupun berkurban itu hukumnya sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). Namun demikian, hukumnya tidak sampai wajib, itu pendapat jumhur ulama.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...