Tips Jantung Tetap Sehat

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Seperti tak kenal usia, kini, serangan jantung juga banyak dialami orang muda. Tak ada jalan lain mencegahnya selain membiasakan hal baik terkait makanan, rokok, jam istirahat dan pengelolaan stres.

Ilustrasi

Hart and Miller, sebuah jurnal kesehatan, menyebutkan 3 persen kasus stroke akibat penyumbatan pembuluh darah ke otak diderita pasien di bawah usia 30 tahun. Kasus ini merata terjadi di beberapa Negara.

Tak hanya stroke, kecenderungan penyakit jantung juta kini dialami pasien berusia di bawah 40 tahun. Russell Luepker, peneliti dari University of Minnessota Amerika Serikat, menyebut lebih dari setengah pasien tewas karena penyakit jantung adalah pria di bawah usia 48 tahun.

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke suatu bagian otot jantung terhalang. Jika aliran darah tidak bisa diperbaiki dengan cepat, bagian dari jantung tersebut akan rusak karena kekurangan oksigen dan bisa mengakibatkan kematian.

Gejala awalnya adalah rasa nyeri hebat dan mendadak di dada. Nyeri bisa menjalar ke tangan kiri disertai perasaan ingin pingsan. Pasien juga biasanya berkeringat walau gejala ini kadang juga tak ditemui pada pasien serangan jantung lain.

Setelah serangan ini jika tidak tertolong, pasien bisa meninggal dalam waktu 15-30 menit.

Banyak pemicu terjadinya serangan jantung. Di antaranya ialah faktor gaya hidup tidak seimbang seperti olahraga tidak teratur, merokok, stres, kurang istirahat karena rutinitas padat, serta pola makan tidak sehat, seperti banyak mengonsumsi gula tidak sesuai dengan porsi yang diharuskan.

Bisa juga karena karbohidrat, lemak dan protein inilah yang jika asupannya tidak dikontrol, bisa menyebabkan diabetes yang berujung pada penyakit jantung. Faktor risiko penyakit jantung lainnya adalah unsur bawaan seperti riwayat keluarga, umur, jenis kelamin dan ras.

Di kota-kota besar, penyakit jantung adalah pembunuh utama karena umumnya warga kota memiliki gaya hidup tidak sehat. Tekanan hidup dan pekerjaan yang sering membuat stres. Belum lagi polusi udara dan rokok. Ini masih ditambah dengan kegemaran menyantap fast food atau makanan instan lainnya.

Pasien yang merasa mengalami serangan jantung dianjurkan untuk batuk terus sekuat tenaga. Ini diperlukan untuk memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke paru-paru guna menjaga sirkulasi darah di jantung sampai pertolongan dokter didapat. Jika terjadi pada orang lain, pemberian oksigen adalah hal utama yang bisa dilakukan dengan pertolongan CPR.

MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

Risiko penyakit jantung paling bijak ditangani dengan mencegahnya. Ada beberapa hal yang sudah sangat populer dianjurkan agar kita terhindar dari penyakit ini. Hal-hal ini jika kita perhatikan sangat sejalan dengan anjuran Nabi Muhammad SAW dalam menjaga kesehatan terkait makanan. waktu istirahat dan pengelolaan emosi.

Menyesuaikan pola makan adalah faktor utama. Dianjurkan mengonsumsi lebih banyak makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, biji-bijian, wortel, kubis dan yoghurt. Kurangi asupan makanan seperti susu, keju dan yang mengandung lemak jahat.

Bawang putih juga sangat baik untuk mencegah yang bisa Anda masukkan ke dalam resep masakan Anda. Kurangi konsumsi garam dan ganti kebiasaan minum kopi dengan minum teh. Kacang hijau dan jus anggur juga sangat baik bagi jantung. Selain itu, bayam, alpukat, ikan salmon dan buah berry juga sangat baik dikonsumsi.

Mengubah pola dan gaya hidup juga sangat vital. Berolahragalah secara teratur dengan memilih olahraga berintensitas ringan hingga sedang seperti jalan cepat, atau sepeda statis yang dilakukan minimal selama 30 menit, 3 sampai 5 kali dalam seminggu.

Pertahankan berat badan ideal Anda. Berhentilah merokok dan hindari minuman beralkohol. Istirahat yang cukup dan jauhkan stres. Banyaklah tertawa dan tersenyum karena itu merupakan obat yang baik. Selain itu, cek kesehatan secara teratur terutama dalam memonitor tekanand arah, kadar gula dan kolesterol dalam darah Anda.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...