Sedekah Saat Punya Utang, Bolehkah?

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Apabila utang kita melebihi gaji yang kita dapatkan, apakah boleh kita bersedekah sedangkan untuk bayar utang saja tidak terbayar.

Ilustrasi

Tentunya jawabannya harus yakin dan mengamalkannya. Saudari seharusnya tahu dan yakin, terus bekerja dengan sedekah itu, memakai keyakinan itu, itu akan hebat tentunya.

Apakah Anda tahu, kalau orang yang rajin bersedekah, maka akan diberikan kemudahan rezeki oleh Allah? Dibalas berlipat-lipat oleh Allah SWT. Saya yakin tentu banyak yang tahu hal ini. Saya bukan mengajarkan menjadi pecinta dunia, tapi saya mengajarkan Anda dan diri saya untuk yakin bahwa Allah itu Mahakaya.

Minta ama Dia, lakukan apa yang Allah suruh, sehingga dunia akan dikasih ama Allah. Insya Allah diberikan.

Ketika berfikir tentang kemungkinan, maka jangan bertanya pada otak yang terbatas, keadaan diri yang terbatas, ilmu juga terbatas. Jangan berpikir masak iya sih sedekah mampu melunasi hutang? Dan sebagainya. Tapi lihatlah kuasa Allah, lihat kebesaran Allah, sehingga kemudian muncul Kun fayakun-nya Allah SWT.

Saudari shalat dua rakaat, lalu minta agar Allah SWT memberikan kemampuan kepada saudari untuk bermimpi, berdoa, dan beraksi. Saudari jangan takut. Kita tidak sedang berbicara tentang dunia, tapi kita bicara tentang bagaimana keyakinan pada Allah, yang Maha memiliki dunia, dan Maha membaginya buat kita semua.

Tapi sekedar momohon ampun, jelas tidak cukup. Tingkatkan suaha, perbaiki ibadah shalat fardhu dan doa. Rajin-rajinlah shalat malam dan pada pagi harinya shalat sunah Duha. Supaya pintu keberkahan dari langit bertambah terbuka. Luruskan niat dan sempurnakan ikhtiar serta perbanyaklah sedekah.

Percayalah, bila Anda berutang, dan Anda memang berniat untuk membayar, maka Allah akan hadirkan kemudahan-kemudahan bagi Anda. Hal ini juga menjadi ibadah tersendiri, Insya Allah.

Pasrahkan kepada Allah. Memasrahkan diri kepada Sang Maha. Kalaupun akhirnya ada masa sulit yang memang harus mampir dalam kehidupan kita, terima saja. Yang penting kita tahu bahwa Dia sedang melihat kita dan tetap akan memperhatikan kita. Kita pasrahkan kejadian masa depan hanya kepada-Nya.

Dan kadang-kadang kejadian tidak seburuk bayangan kita kok. Sekali lagi, yakinkan diri anda Kuasa Allah. Insya Allah, ada saja jalan bagi kita, termasuk jalan keluar untuk utang-utang kita.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...