Sayur Kesukaan Rasulullah

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Sayur adalah salah satu bahan makanan wajib yang harus dikonsumsi setiap hari. Tahukah Anda bahwa Rasulullah pun juga mengonsumsi sayur. beberapa sayur yang biasa dikonsumsi Nabi tersebut diantaranya daun seledri dan kacang panjang.

Tumbuhan Daun Selederi Di Dalam Pot

Di dalam sayur yang merupakan sumber serat bebas lemak, terdapat vitamin yang bekerja sebagai antioksidan dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas.

Sayuran juga dapat melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun di tubuh. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat sayur hijau untuk kesehatan. Karena itu, banyak para ahli gizi menyarankan untuk rutin mengonsumsi sayur setiap hari.

Karena manfaat baiknya ini, dulu Rasulullah pun juga menganjurkan para sahabat untuk mengonsumsi sayur. Ada beberapa sayur yang kerap Rasulullah konsumsi.

DAUN SELEDRI

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Daun seledri memiliki nama latin apium greveolens. Tumbuhan ini biasanya dijadikan sebagai salah satu bumbu makanan atau masakan, tak terkecuali di Indonesia. Pada zaman Rasulullah, daun seledri ini juga sudah dikenal. Imam Husein bin Ali As meriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda kepada Imam Ali As, "Makanlah daun seledri karena daun seledri merupakan sayur-mayur kesukaan Nabi Ilyas dan Yusya' bin Nun,"

Nabi Muhammad juga bersabda, "Daun seledri merupakan sayur-sayuran para Nabi, dan makanan Nabi Khidir dan Nabi Ilyas adalah seledri serta cendawan".

Dan tahukah Anda, ternyata sayur yang biasanya hanya jadi pelengkap ini mempunyai beberapa manfaat? Seledri ini dapat memperlambat proses penuaan, mengobati diabetes, melancarkan aliran darah, menurunkan tekanan darah serta melindungi otak dan sistem saraf.

Daun seledri mengandung banyak vitamin yakni vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin K yang dapat digunakan untuk mencegah atau untuk mengobati beberapa penyakit. Kandungan gizi yang terdapat pada daun ini dapat digunakan untuk pencegahan penyakit dengan cara mengonsumsinya dalam bentuk sayur.

Rasulullah juga pernah bersabda mengenai manfaat daun seledri ini. "Kurma yang baik berasal dari surga serta mengandung obat untuk menghilangkan racun, dan selederi merupakan anugerah yang airnya dapat menyembuhkan mata'.

Imam Ali As berkata, "Telah bersabda Rasulullah saw, 'Makanlah daun seledri karena ia dapat menyebabkan mengantk dan mencernakan makanan'."

KACANG PANJANG

Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan

Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Selain sebagai masakan, ternyata kacang panjang juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa penyakit seperti diantaranya, antikanker, kanker payudara, leukemia, anibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, peluruh kencing, batu ginjal, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar.

Dalam kacang panjang sendiri terkandung berbagai sumber protein yang baik, vitamin A, thiamin, riboflavin, besi fosfor, kalium, Vitamin C, folat, magnesium dan mangan.

Di zaman Nabi dahulu, kacang panjang juga sudah dikonsumsi. Nabi Muhammad Saw bersabda, "Makanan Nabi Isa As adalah kacang panjang dan belum pernah Nabi Isa As memakan sesuatu yang di proses dengan api".

Dari kitab Al Firdaus diriwayatkan dari para Imam, disebutkan bahwa barang siapa makan kacang panjang atau kacang yang disertai kulitnya, maka Allah akan mengeluarkan penyakit dari dirinya sesuai dengan kacang yang telah dimakannya.

Imam Ja'far As Shadiq As berkata, "Makanlah kacang panjang, karena hal itu akan menambah sumsum atau air pada dua tulang kering betis dan menambah cairan dalam otak serta mampu memproduksi darah segar".

Imam Ja'far As Shadiq As juga berkata, "Makanlah kacang panjang karena dia dapat menghilangkan penyakit dan tidak ada penyakit di dalamnya (efek samping)".

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...