Ragu Menyantap Daging Sembelihan

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Suatu saat saya tahu (bahkan sering) menjumpai seseorang yang menyembelih ayam tanpa menyebut asma Allah dan hanya asal mati saja.

Ayam Potong

Sehati-hatinya orang tersebut tidak pernah shalat dan meninggalkan ajaran agama lainnya.

Karena sudah tahu, saya tidak memakannya, tetapi waktu makan di warung / tempat lain yang tidak tahu proses penyembelihannya, kadang saya makan karena terpaksa, meskipun agak ragu.

Yang saya ingin tanyakan, bagaimana baiknya menyikapi hal tersebut?

Diatas merupakan pertanyaan yang dikirim oleh Sahabat AkuIslam.ID dari Blitar, Jawa Timur

Ada dua pilihan. Yang pertama, kalau dari awal sudah ragu lebih baik tinggalkan saja. Tidak perlu makan di tempat itu. Karena kaidahnya mengatakan, "Da' ma yaribuka ila ma la yaribuka (Tinggalkan apa yang meragukanmu dan lakukan apa yang tidak meragukanmu)."

Kedua, ada pendapat ulama mengatakan bahwa membaca basmalah saat menyembelih itu kewajiban seorang Muslim.

Tetapi pendapat lain mengatakan bahwa yang penting muslim meskipun tanpa membaca basmalah asal cara menyembelihnya benar, maka daging yang sudah dimasak yang berasal dari hewan penyembelihan tersebut boleh dimakan. Jadi, silahkan piplih mana yang lebih meyakinkan hati Anda.

Baca Juga Yang Lainnya: