Bisakah Anak Angkat Mendapat Warisan?

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Ada yang ingin sekali saya tanyakan mengenai warisan, semoga saja pertanyaan saya ini bisa terjawab sebab persoalan ini cukup krusial bila tidak mendapat jawaban yang benar:

Ilustrasi

1. Sah atau tidak anak angkat mendapatkan warisan dari orangtua angkatnya walaupun sebenarnya anak angkat tersebut sudah mendapatkan hibah dari orangtua angkatnya?

Pasalnya, saudara-saudara dari orangtua angkat tersebut mengatakan bahwa hibah itu tidak sah. Sedangkan anak angkat tersebut mempunyai bukti surat hibah.

2. Apakah hukumnya dan bagaimana cara penyelesaian yang baik?

Diatas merupakan pertanyaan yang dikirimkan oleh Sahabat AkuIslam.ID dari Jakarta

1. Prinsipnya, anak angkat itu tidak berhak mendapat warisan. Tetapi kalau sebelumnya mendapat hibah, itu saja-saja saja asalkan hibahnya itu tidak melampaui dari sepertiga harta yang dimiliki pemberi hibah.

Dengan hibah itu, bisa menjadi dasar penyelesaian bagi orang tua angkat dan anak angkat (yang dalam agama memang tidak ada hak waris).

2. Apabila saudara-saudara dari orang tua angkat tidak terima atas hibah tersebut dan tidak bisa diselesaikan dengan cara baik-baik, maka penyelesaian akhirnya bisa mengajukan gugatan ke pengadilan.

Pihak pengadilanlah yang nantinya mengungkap sah atau tidaknya hibah tersebut berdasarkan bukti-bukti yang ada. Karena itu penting sewaktu hibah itu akan diberikan ada saksi dan bukti tertulis yang menguatkan agar tidak timbul masalah di kemudian hari.

Baca Juga Yang Lainnya: