Bangun Lebih Pagi Dan Efek Kesehatan

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - "Ya Allah, berkatilah umatku pada pagi hari mereka." (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Ilustrasi Bangun Pagi

Pagi hari adalah waktu yang paling diberkati. Enak untuk bekerja. Sesuai buat olahraga. Sebab, udara di pagi itu masih segar dan bersih. Wajar, kalau kajian medis sangat menganjurkan seseorang bangun pagi. Ternyata, banyak pesan bermanfaat yang bisa dirasakan. Salah satunya adalah pendapat dari Neursch De, peneliti asal Prancis. Ia berpendapat bahwa bangun pagi itu akan membuat seseorang tidak saja sehat, tapi juga kaya dan pintar.

Penelitian dari dunia medis yang ditemukan itu seiring perkembangan zaman, ternyata jauh-jauh hari sudah dianjurkan Islam dan dipraktikan umat Islam. Hingga, wajar semakin mengukuhkan akan kebenaran ajaran yang dibawa Nabi Muhammad saw.

Sebagaimana diketahui, Islam menganjurkan umatnya untuk tidak begadang dan memerintahkan agar bangun lebih awal. Anjuran bangun pagi karena memang ada kewajiban shalat Shubuh yang harus ditunaikan seorang muslim, sedangkan anjuran bangun lebih awal (sepertiga malam terakhir) itu untuk shalat sunnah malam yang sarat manfaat luar biasa.

Pesan apakah dibalik ajaran dan anjuran yang disampaikan agama Islam itu? Dengan bangun pada sepertiga malam, jiwa diliputi ketenangan dan kenyamanan. Lebih dari itu, tubuh akan sehat, bugar dan penuh semangat. Sebab udara fajar memiliki pengaruh bagi kesehatan.

Udara fajar sebagaimana dikemukan Dr al-Rawi kaya oksigen dan hal itu sangat penting bagi kesehatan syaraf, perasaan, dan otak. Jadi, udara fajar itu bisa meningkatkan kekuatan akal, dan kesehatan tubuh.

Peneliti lain bahkan berpendapat bahwa bangun pagi itu membuat seseorang bisa awet muda dan menghindari penuaan dini. Karena itu, Dr Abdul Hamid Dayyab dan Ahmad Qarqur sebagaimana dikutip Dr Jamal Elzaky dalam Buku Induk Mukjizat Kesehatan menganjutkan orang lanjut usia agar bangun waktu fajar, karena hal itu bisa menyegarkan sel-sel tubuhnya dan mengurangi tekanan penyakit sesak napas atau nyeri dada bahkan lemah jantung.

Dengan semakin banyak ditemukannya keutamaan bangun fajar dari ilmu pengetahuan dan dunia medis, kian menguatkan bahwa Islam memang sedari awal telah menegaskan bahwa ajaran yang dibawa Nabi Muhammad itu tidak sekedar sekumpulan perintah ibadah, tapi juga memiliki pesan penting berupa ajaran untuk sehat dan bugar.

Selain bangun untuk bisa beribadah kepada Allah, Islam juga menganjurkan memulai pekerjaan pada waktu pagi. Sebab, pada pagi hari itu, otak memiliki semangat dan energi baru. Lebih dari itu, kerja pagi hari akan mendorong orang lebih produktif.

Tak salah, jika dalam sebuah hadits, Rasulullah tidak hanya menganjurkan umatnya untuk bangun lebih awal, tetapi juga mendoakan, "Ya Allah, berkatilah umatku pada pagi hari mereka." (HR. Abu Daud, at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Jadi jika ingin sehat, bangunlah pada sepertiga malam atau minimal waktu fajar.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...