Akibat Mengonsumsi Narkoba

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Dilingkungan tempat saya tinggal, banyak anak-anak muda yang memiliki kebiasaan bermain catur, dan saya termasuk dari salah satu penggemar permainan catur.

Ilustrasi

Kemanapun saya bermain catur boleh dikatakan hebat, karena saya sering menang dalam berbagai event permainan catur. Jika saya sudah bermain catur, konsentrasi saya benar-benar terfokus ke papan catur, sehingga setiap langkah biji catur saya memiliki efek dan strategi jika mencapai kemenangan.

Namun demikian, di lingkungan saya juga ada beberapa anak muda yang memiliki kegemaran mengonsumsi narkoba dan barang-barang yang sejenis.

Perilaku anak-anak yang gemar narkoba ini cukup meresahkan warga, sebab keberadaan mereka tidak menutup kemungkinan akan mempengaruhi generasi muda yang lain, seperti yang saya alami.

Saya ikut bergabung dengan mereka hingga akhirnya saya terpengaruh untuk memakai barang haram tersebut.

Pada awalnya, saya tidak mau memakai barang haram itu, sebab saya juga mengetahui bahwa hal itu akan berdampak buruk bagi diri saya, dan itu juga dilarang oleh agama.

Namun karena terlalu seringnya saya bergaul dengan mereka, lama kelamaan akhirnya saya mau mencicipi barang haram tersebut. Walaupun awalnya hanya sekedar mencoba dan karena perasaan tidak enak pada teman yang lain, namun akhirnya saya menjadi ketagihan memakai barang haram tersebut.

Padahal awalnya saya termasuk anak muda yang rajin mengerjakan shalat lima waktu, tetapi semenjak saya memakai barang haram itu, saya jadi jarang mengerjakan shalat lima waktu, dan saya lebih sering nongkrong dengan mereka.

Dengan seringnya saya menggunakan barang haram itu, ternyata berdampak buruk bagi diri saya sendiri. Banyak hal positif yang sebelumnya saya lakukan, sekarang saya tinggalkan, justru hal negatif yang dulu saya hindari, sekarang semakin dekat dan sulit saya hindari.

Termasuk dalam bermain catur, konsentrasi saya hilang, biasanya saya teliti dalam bermain catur, namun kini sulit sekali, karena konsentrasi saya kabur akibat narkoba tersebut.

Setiap permainan saya mengalami kekalahanm dan orang yang dulu saya anggap enteng, sekarang dia yang menganggap enteng permainan catur saya.

Saya menyadari kerugiannya bila saya terus menerus memakai barang haram itu, dan sejak saat itu saya berniat untuk tidak memakainya lagi. Namun, ada hal yang mengganjal di hati, jika saya meninggalkan barang haram itu. Saya juga harus meninggalkan pergaulan dengan anak-anak muda yang tinggal di lingkungan saya.

Akhirnya saya memberanikan diri untuk mengambil keputusan, yaitu meninggalkan atau menjauhkan pergaulan dengan mereka. Walaupun pada awalnya banyak cobaan yang saya hadapi, dimana mereka pada membenci saya, dan menganggap saya sombong, karena tidak mau lagi bergaul dengan mereka, tetapi saya berusaha cuek (biasa) saja dengan segala cobaan dan perkataan mereka.

Alhamdulillah, sekarang saya dapat menjauh barang-barang haram, dan hidup saya menjadi lebih tenang, walaupun saya seperti orang asing di tanah kelahiran sendiri.

Tetapi bagi saya itu lebih baik dari pada saya bergaul dengan mereka dan bergelimang dengan kesesatan. Saya pernah membaca hadits Nabi saw. yang mengatakan, "Sesungguhnya Islam bermula dalam keadaan asing, dan akan kembali asing sebagaimana sedia kala, maka beruntunglah orang-orang yang asing." (HR Al-Baihaki).

Dengan membaca hadits itu, saya menjadi tidak takut jika diasingkan dari lingkungan pergaulan. Ada juga hadits yang senada, "Jadilah di dunia ini seolah-olah kamu orang asing," (HR Bukhari). Mudah-mudahan apa yang saya lakukan saat ini dibenarkan oleh Allah swt. dan dapat diambil manfaatnya. Amin.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...