Akibat Dari Berburuk Sangka

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Pengalamanku ini terjadi beberapa tahun yang lalu. Kisah ini terjadi tepatnya di bulan Suci Ramadhan dua hari menjelang hari Raya Idul Fitri.

Ilustrasi

Pada hari itu aku dan kakakku pergi berbelanja ke pasar untuk persiapan hari Raya Idul Fitri.

Setelah cukup lama di pasar dan belanja semua keperluan hampir selesai, hanya tinggal daging yang belum kami beli.

Setelah tiba di pasar daging (di kota kami disebut los daging), kami berfikir pada penjual mana kami akan membelinya.

Tiba-tiba seorang pak Haji penjual daging menyapa kami dengan ramah dan suara yang lembut sekali, "Mau beli daging, nak?"

Kakakku masih belum menjawab tapi entah setan dari mana yang membisikiku, aku langsung berbisik pada kakak. "Jangan beli daging pada pak Haji ini, orang ini kalau menjual daging lebih mahal dari yang lain dan kata orang timbangannya nggak benar".

Setelah aku berbisik pada kakakku yang masih diam, kurang lebih lima langkah dari pak Haji tadi, tiba-tiba kakiku yang sebelah kanan terperosok hingga lutut masuk ke dalam lobang air yang sangat kotor dan menjijikkan sekali. Apalagi saat itu hari sedang hujan. Aku langsung jatuh tersungkur dan belanjaan yang ada di tanganku semuanya terlepas.

Kakiku rasanya sangat sakit dan sangat kotor sekali. Semua orang yang ada di sana menatapku dengan keheranan, terutama pak Haji yang menyapa kami tadi. Orang di sana ada yang bilang kasihan dan ada juga yang bilang kalau jalan itu hati-hati.

Aku sangat malu sekali. Langsung aku cepat-cepat pergi dari tempat itu, sedangkan kakakku masih diam berdiri dengan penuh keheranan, sebab kejadian itu rasanya begitu cepat sekali.

Aku langsung istighfar pada Allah, rupanya Allah telah langsung menghukumku karena prasangka burukku tadi.

Sebagai seorang muslim, Allah telah memperingatkan kita bahwa janganlah kamu berprasangka buruk karena sebagian dari prasangka itu adalah dosa (Al Hujurat: 12).

Walaupun pak Haji tadi tidak mendengar apa yang aku bisikkan pada kakak tapi Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui apa yang ada di hati manusia.

Aku tidak jadi ikut membeli daging dan kusuruh saja kakak yang membelinya karena aku sangat malu dan pakaianku sangat kotor. Sesampainya di rumah, kakak menceritakan kejadian itu pada ibu, bapak dan adik-adik.

Semuanya menyalahkan aku dan malah ada yang menertawakanku. Aku masih ingat apa kata alharhumah ibuku waktu itu, 'Janganlah kamu suka berprasangka buruk, syukurlah Allah langsung menegur kita, kalau tidak, tentulah kita akan tetap membuat kesalahan dan dosa yang sama.'

Aku sangat menyesali perbuatanku itu dan aku minta ampun pada Allah yang telah langsung menegurku. Apalagi kejadian itu terjadi di bulan suci Ramadhan pula.

Demikianlah kisah pengalamanku ini, yang sampai saat aku menulis ini masih terbayang jelas di kepalaku dan setiap itu pula dadakupun berdebar. Semoga ada hikmahnya bagi yang membaca kisahku ini. Amin

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...