Taubat, Membuka Pintu Rezeki

Advertisement

loading...
AkuIslam.ID - Tentunya ketika kita melakukan kesalahan atau dosa kita wajib untuk selalu berdoa dan taubat, meminta ampunan kepada Allah, Selain hal itu untuk membuat kita menyadari kesalahan kita rupanya juga bisa membuka pintu rezeki.

Ilustrasi ( Foto @Source )

Rezeki yang berlimpah, hidup yang tenang dan tidak tertimpa azab merupakan dambaan setiap kita. Sejumlah riwayat menyebutkan, istighfar dan taubat menjadi pintu pembukanya.

Seperti disebut dalam riwayat berikut. Suatu ketika seseorang mengadu kepada Hasan al-Bashri tentang problem kemiskinannya. Beliau berkata, "Mintalah ampunan kepada Allah!". Pada kesempatan lain seseorang datang meminta di doa'akan agar ia dikaruniai anak.

Hasan al-Bashri menjawab, "Mintalah ampunan kepada Allah!" Jawaban serupa ia berikan ketika beberapa orang yang kebun dan ladangnya dilanda kekeringan datang berkonsultasi kepadanya.

"Apakah itu (beristighfar) cukup?" tanya Rabi' bin Shabih. Hasan menjawab, "Aku hanya mengucapkan apa yang diperintahkan Allah SWT, 'Maka aku katakan kepada mereka, 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu... Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu," (QS. Nuh: 10-12).

Ibnu Katsir menambahkan, bertaubat dapat mencegah dosa-dosa masa yang akan datang. Selanjutnya, Allah SWT akan memudahkan rezekinya, memudahkan segala urusannya dan tidak akan pernah luput dari penjagaan-Nya.


loading...