Musem Bayt al Qur'an Istiqlal, Dari Alquran Raksasa Sampai Terkecil

Advertisement

loading...
AkuIslam.ID - Jika Anda berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indaj Jakarta, sempatkanlah untuk mengunjungi Museum Bayt al Qur'an Istiqlal. Di museum itu, kesan islami sangat terasa sekali, mulai dari corak kaligrafi sampai dengan sejarah masjid-masjid di Indonesia.

Museum Bayt al Qur'an Istiqlal

Jika Anda berniat untuk mengajak putra-putri liburan, jangan lupa mengunjungi Musem Bayt al Qur'an Istiqlal Jakarta.

Museum yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur itu menyuguhkan Alquran dengan ukuran super besar serta Alquran sekecil ibu jari.

Tak hanya itu, pengunjung juga akan melihat seni kaligrafi Nusantara. Dari penelusuran, nuansa museum ini sangat kental dengan kesan dan corak islami.

Mulai memasuki pintu utama, terlihat ada ukiran dengan menggunakan bahasa Arab yang memang terpampang jelas di bagian utama gedung.

Hal ini bertujuan untuk menggambarkan bahwa museum tersebut memang berlatar belakang ajaran Islam. Ukiran yang sangat indah akan membuat Anda takjub.

Tentu waktu kali pertama memasuki pintu utama, kesan islami sangat terasa. Mata pengunjung juga dimanjakan seni kaligrafi yang tersusun dari ayat-ayat Alquran yang sangat indah dan mengagumkan.

JEJAK ISLAM


Museum Bayt al Qur'an itu memiliki luas 20 ribu meter persegi, di mana terbagi menjadi dua bagian yakni ruang Bayt Alquran yang memajang mushaf-mushaf Alquran yang didatangkan langsung dari berbagai daerah.

Selain itu, ada juga ruang Istiqlal yang menampilkan sejarah penyebaran dan perkembangan agama Islam di Indonesia dari tahun ke tahunnya.

Kemudian melewati sepanjang lorong museum, pengunjung akan menyaksikan Alquran dari tulisan tangan yang ditulis dari ukuran terbesar sampai yang terkecil, panjangnya tak lebih dari ukuran ibu jari.

Jangan salah dengan gaya penulisan huruf Alquran. Sebab, secara detail, akan diketahui adanya perbedaan gaya penulisan dan juga corak yang terdapat dalam huruf-huruf Alquran tersebut. Perbedaan-perbedaannya dapat dilihat dari sisi corak iluminasi dan juga karakter kaligrafi.

Beberapa mushaf yang bisa di jumpai antara lain Mushaf Kuno, Mushaf Wonosobo, Mushaf Sundawu, Mushaf Jakarta, Mushaf Cirebon, Mushaf Kerajaan Biuma, Mushaf Pusaka RI, dan masih banyak mushaf-mushaf lainnya. Bagi penyandang cacat, juga disediakan Alquran.


loading...