Mengenai Pakaian Muslimah Dan Kaum Muslim

Advertisement

loading...
AkuIslam.ID - SAya seorang remaja muslimah yang masih duduk di kelas tiga SMA. Di sekolah, saya mengikuti Rohis (Rohani Islam). Setiap Jumat siang diadakan pengajian khusus akhwat. Saya pun sering mengikutinya.

Ilustrasi

Di pengajian itu saya diberi tahu oleh kakak pembina bahwa yang namanya jilbab itu adalah baju panjang yang longgar, tidak transparan, lurus seperti terowongan dan tidak berpotongan, seperti gamis yang biasanya kita kenal. untuk menutup kepala dipakai khimar atau kerudung.

Saya jadi bingung, Untuk itu, saya ingin menanyakan beberapa hal berikut:

1. Apa dan bagaimana jilbab itu sebenarnya? Hal ini saya tanyakan karena saya tidak mau pakaian yang selama ini saya pakai tidak sesuai syari'at Islam walaupun menutup aurat.

2. Apa beda jilbab dan khimar?

3. Bolehkah muslimah memakai pakaian yang berpotongan atau yang terdiri dari bawahan dan baju atasan?

4. Bolehkan muslimah memakai celana panjang padahal celana panjang sering dipakai laki-laki sementara bukankah wanita tidak boleh menyerupai laki-laki?

Diatas adalah pertanyaan yang dikirim oleh Sahabat AkuIslam.ID dari Kalimantan Selatan

1. Yang dikatakan teman Anda itu betul, Coba Anda periksa lagi di surat an-Nuur ayat 31, al-Ahzab ayat 59. Umumnya yang dikatakan jilbab itu adalah kerudung. Jadi yang disebut-sebut orang-orang jilbab itu bukan jilbab, tapi kerudung.

2. Kalau jilbab itu baju panjang yang tertutup. Kalau khimar, mungkin semacam kerudung yang menutupi dada.

3. Boleh saja, asal tidak berbentuk (membentu lekuk tubuh).

4. Kalau itu gombrong, tidak membentuk, boleh, kalau ketat celananya, tidak boleh. Kalau gombrong kesannya seperti rok.


loading...