Indahnya Berharap Hanya Kepada Allah

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Sangat penting apabila di dalam hidup kita selalu berharap kepada Allah SWT. Langkah yang dibenarkan apa bila kita sedang berputus asa dan frustasi menghadapi hidup, hendaknya pusatkan pikiran kita untuk selalu berharap kepada Allah SWT.


Allah adalah Sang Mahakaya yang sebetulnya tidak memerlukan makhluknya sedikit pun. Hanya kita mencoba untuk bertanya, mengapa Allah menciptakan dunia alam semesta dan makhluk hidup di dalamnya.

Jawabannya adalah Allah sebagai sang Mahabijak dan Penuh Hikmah. Sehingga rahasia jawaban ini adalah ALlah cinta kepada makhluk hidup dan makhluk-makhluk yang lain.

Allah itu punya sebutan Al Wadud, sang Maha Mencintai. Cinta bukanlah kebutuhan Allah, melainkan merupakan salah satu sifat kemuliaan yang dimiliki Allah sebagaimana sifat-sifatnya yang lain.

Maka sudah sepantasnya kita untuk mencintai zat yang telah menciptakan kita dan memberi kita fasilitas hidup dan kenikmatan yang tiada batas.

Di dalam salah satu firman menyebutkan, "Katakanlah, 'jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalannya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusannya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik," (At Taubah : 24).

BERHARAP KE ALLAH

Ketika seseorang sangat mencintai Allah, maka dalam menghadapi keputusasaan hidupnya akan selalu kembali dan berhadap kepada perlindungan Allah SWT. Berharap adalah roh dan penyemangat hidup setiap insan.

Orang yang bersemangat mengerjakan sesuatu, tentu karena dia memiliki harapan di balik pekerjaannya itu. Tanpa harapan, seseorang tidak akan memiliki semangat dan kesungguhan dalam bekerja.

Tanpa harapan, hidup hanyalah keputusasaan, ketersiksaan, penyesalan, dan kehampaan.

Para Sahabat AkuIslam.ID yang dirahmati Allah SWT. Seseorang hendaklah dianjurkan untuk menjadi Raja (pengharapan) berharap kepada Allah sebagai kebutuhan hidup seorang mukmin yang sangat penting. Karena itu, Allah menjadikannya sebagai salah satu bentuk ibadah hati yang harus dilaksanakan oleh setiap orang mukmin.

Orang yang beramal saleh di dunia dengan ikhlas, kemudian mengharapkan pahala, rahmat, dan ampunan Allah, dialah orang yang benar-benar memiliki raja'.

Jika seorang berharap sesuatu tanpa berusaha melakukan amalan yang dapat mengantarnya menuju harapannya, senang bermalas-malasan, enggan beramal saleh, mengisi hidupnya dengan amalan yang tidak bermanfaat, bahkan selalu bermaksiat kepada Allah, maka harapan itu bukanlah raja', melainkan hanya sekedar angan-angan dan khayalan belaka.

Oleh karena itu, para Sahabat AkuIslam.ID yang dirahmati Allah SWT, berharap kepada Allah SWT adalah sebagai pemandu yang menuntun hati kita ke perjalanan menuju Allah.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...