Etika Makan Rasulullah Saw

Advertisement

loading...
AkuIslam.ID - Islam merupakan agama yang sempurna. Tidak hanya mengatur persoalan ibadah saja, perihal makan dan minum pun ada etikanya. Rasulullah Saw telah memberikan petunjuk tata cara makan yang diridai Allah SWT.

Ilustrasi

Di dalam diri Rasulullah terdapat uswatun hasanah (teladan yang baik). Termasuk dalam hal makan. Selain memilih makanan yang halal dan thayyib (bergizi), beliau juga sangat memperhatikan etika makan. Berikut yang dilakukan oleh Rasulullah Saw.

MEMBACA BASMALAH

Dari Aisyah Ra berkata, Rasulullah Saw bersabda, "Apabila seorang daripada kamu hendak makan, sebutlah nama Allah (Bismillah). Jika dia terlupa menyebut nama Allah pada awal (mula makan), maka sebutlah, 'Bismillahi awwaluhu wa akhirahu'," (HR Abu Dawud dan At Tirmizi).

GUNAKAN TANGAN KANAN

Dari Jabir bin Abdillah Ra Rasulullah Saw bersabda, "Janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena setan itu juga makan dengan tangan kiri," (HR Muslim No 2019). Dari Umar Ra Rasulullah Saw bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian hendak makan, maka hendaknya makan dengan menggunakan tangan kanan, dan apabila hendak minum, maka hendaknya minum juga dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan itu makan dengan tangan kiri dan juga minum dengan menggunakan tangan kirinya," (HR Muslim).

TIDAK DUDUK BERSANDAR

Abu Juhaifah mengatakan, dia berada di dekat Rasulullah Saw, kemudian Rasulullah berkata kepada seseorang yang berada di dekat beliau, "Aku tidak makan dalam keadaan bersandar," (HR Bukhari).

Yang dimaksud duduk sambil bersandar dalam hadis tersebut adalah segala bentuk duduk yang bisa disebut duduk sambil bersandar dan tidak terbatas dengan duduk tertentu. Makan sambil bersandar dimakruhkan dikarenakan hal tersebut merupakan duduknya orang yang hendak makan dengan lahap.

TIGA JARI

Di antara petunjuk Nabi Saw adalah makan menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari tersebut sesudah selesai makan. Dari Ka'ab bin Malik dari bapaknya beliau mengatakan, "Rasulullah Saw itu makan dengan menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan," (HR Muslim).

Berkenaan dengan hadis ini, Ibnu Utsaimin mengatakan, "Dianjurkan untuk makan dengan tiga jari, yaitu jari tengah, jari telunjuk, dan jempol, karena hal tersebut menunjukkan tidak rakus."

TIDAK MENCELA MAKANAN

Dari Abu Hurairah Ra beliau mengatakan, "Rasulullah Saw sama sekali tidak pernah mencela makanan. Jika beliau menyukai satu makanan, maka beliau memakannya. Jika beliau tidak suka, maka beliau meninggalkannya," (HR Bukhari).

Hikmah dari larangan ini adalah karena makanan adalah ciptaan Allah sehingga tidak boleh dicela. Selain itu, mencela makanan menyebabkan orang yang membuat dan menyajikannya menjadi tersinggung (sakit hati). Ia sudah berusaha menyiapkan hidangan dengan sebaik mungkin, namun ternyata hanya mendapatkan celaan. Oleh karena itu, syariat melarang mencela makanan agar tidak menimbulkan kesedihan dalam hati seorang muslim.

JANGAN SAMBIL BERDIRI

Dari Anas Ra, beliau mengatakan bahwa Nabi Saw melarang minum sambil berdiri, (HR Muslim).

Dalam riwayat lain, Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah Saw bersabda, "Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya," (HR Ahmad).


loading...