Berkah Tobat Seorang Pencuri

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Karena Ali Zainal benar-benar berniat bertobat, ia malah mendapatkan berkah. Ali mendapatkan wanita yang awalnya haram baginya. Rasulullah sendiri yang memilih Ali untuk menjadi suami wanita tersebut.

Ilustrasi

Suatu hari, Rasulullah di datangi seorang pencuri yang bernama Ali Zainal bin Rifai. Ali Zainal sudah lama ingin bertobat, karena itulah ia datang dan mendengarkan ceramah Nabi Muhammad Saw dengan khusyuk.

Di tengah-tengah ceramah, Rasulullah berkata, "Barang siapa meninggalkan sesuatu yang haram karena Allah SWT, maka suatu ketika dia akan memperoleh yang haram itu dalam keadaan halal."

Setelah mendengar sabda Nabi Muhammad Saw itu, Ali Zainal menangis tersedu-sedu. Ia berjanji dalam hati tidak akan mencuri dalam keadaan apa pun. Sejak itu, dia langsung salat dan berdzikir dengan khusyuk.

Pada malam harinya, mantan pencuri ini lapar. Ali Zainal keluar masjid untuk mencari makan. Di tengah perjalanan, dia mendapati suatu rumah yang pintunya terbuka. Timbullah pergolakan dalam hatinya untuk mencuri. Namun, batinnya menolak.

TIDAK TERGODA

Ali Zainal pun memutuskan untuk mengingatkan pemilik rumah itu agar mengunci pintu rumahnya. Maka masuklah Ali Zainal. Ketika masuk rumah, di atas meja ada makanan dan minuman. Walau sempat ragu, namun Ali tetap pada pendiriannya.

Ia tidak mau mencuri. Ia tetap ingin membangunkan tuan rumah.

Dalam rumah itu, ternyata pemiliknya seorang wanita cantik sedang tidur. Perasaannya berkecamuk, apalagi ketika melihat busana wanita itu tersingkap.

"Tidak, aku tidak boleh melakukan ini, aku ingin bertobat dan tidak mau menambah dosa," katanya dalam hati.

Segera Ali Zainal meninggalkan rumah itu, maka ia kembali menuju masjid. Sesampainya di masjid, ia melihat Nabi Muhammad Saw sedang shalat lalu berzikir. Tak lama kemudian ada seorang wanita dan seorang laki-laki tua masuk masjid menuju tempat Nabi Muhammad Saw sedang duduk berzikir.

Ternyata, wajah wanita itu adalah pemilik rumah yang baru saja dimasukinya. Hatinya gelisah, tubuhnya gemetar, dan ia tidak mampu menggerakkan anggota tubuhnya untuk pergi. Ia lihat mereka berbicara dengan Nabi Muhammad Saw. Pikirannya panik, Ali Zainal hampir jatuh ketika mendengar suara Nabi Muhammad Saw memanggil," Hai Ali Zainal kemarilah."

CALON SUAMI

Dengan perlahan dan perasaan takut, ia mendekati Nabi. Ali Zainal mendengar sang perempuan masih berbicara kepada Nabi Muhammad Saw. Katanya, "Benar ya Rasulullah, aku sangat takut pada saat itu aku bermimpi, rumah aku kemasukan orang yang hendak mencuri, dia mendekat dan hendak memperkosa aku, ketika aku berontak, ternyata itu hanya mimpi," kata wanita itu.

"Tetapi ketika aku melihat sekelilingnya, ternyata pintu rumahku terbuka. Sebagaimana mimpiku dan ada suara menyeramkan yang membuat aku takut. Maka, aku segera ke rumah pamanku untuk meminta dicarikan suami buatku agar kejadian yang aku impikan itu tidak terjadi lagi, karena aku punya suami yang melindungi. Sehingga, dia mengajak aku menemui engkau di sini agar memilihkan calon suami untukku," sambung wanita itu.

Nabi Muhammad Saw memandang kepada si pemuda mantan pencuri itu, lalu berkata, "Hai Ali Zainal, karena tidak ada pria yang bangun, kecuali engkau saat ini, maka aku tawarkan padamu, maukah engkau menjadi suaminya?"

Mendapat tawaran yang begitu mendadak, Ali Zainal sangat terkejut. Ia hanya bisa mengangguk kepalanya. Setelah pernikahannya, tahulah Ali Zainal akan arti perkataan Nabi Muhammad Saw yang lalu, yaitu "Barang siapa meninggalkan sesuatu yang haram karena Allah, maka suatu ketika dia akan memperoleh yang haram itu dalam keadaan halal," ingatnya.

Related Posts

loading...