3 Perkara Yang Mengikuti Mayit Ke Kuburan, Satu Ikut, Dua Pulang

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Setiap makhluk bernyawa sudah tentu akan berjumpa dengan kematian, tidak ada satupun orang di dunia ini yang bisa menghindarinya. Ketika raga dan nyawa berpisah, orang-orang terdekat akan menangisi kita dan kemudian mengenang, semua kekayaan, uang, kendaraan, pakaian tidak bisa mengantarkan kita, dan tempat kita tinggal hanyalah lubang tanah yang sempit, sunyi dan gelap.

Ilustrasi

Kala Mayit diantarkan ke kuburan hingga masuk ke dalam liang kubur, ada tiga perkara yang mengikutinya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Yang mengikuti mayit sampai ke kuburan ada tiga, dua akan kembali dan satu akan tetap bersamanya di kubur. Yang mengikutinya adalah keluarga, harta dan amalnya. Yang kembali adalah keluarga dan hartanya. Sedangkan yang tetap bersamanya di kuburan adalah amalnya.” (HR. Bukhari, no. 6514; Muslim, no. 2960)

Keluarga yang kita cintai tidak bisa berbuat banyak kala tanah mulai mengubur kita. Usai batu nisan tertancap di atas tanah kuburan, keluarga yang begitu kita sayangi pun mulai satu persatu meninggalkan kita dalam kesendirian dan juga kesunyian.

Banyaknya harta yang kita cari seumur hidup, harta yang kita idam-idamkan siang dan malam, hanya bisa terdiam melihat kita dikuburkan. Harta pun akan pulang bersama dengan keluarga dan meninggalkan kita sendiri tanpa bisa menolong sedikitpun.

Lalu apa yang menemani kita dalam kuburan yang sunyi, gelap dan juga menakutkan? Tidak lain yang akan menemani kita adalah amal yang kita lakukan sepanjang usia kita. Apakah selama hidup ini kita banyak melakukan amal buruk atau amal soleh? Itulah yang akan menemani kita di dalam kubur nanti.

Jika kita banyak melakukan amal sholeh, maka sudah tentu kita akan ditemani oleh rahmat Allah. Kesendirian dan juga kesunyiap pun berubah menjadi sebuah kerajaan surga yang dipenuhi dengan kesenangan dan kenikmatan yang terus mengalir tanpa ada putusnya. Tidak ada sedikitpun penderitaan dalam kerajaan surga yang diciptakan Allah untuk para hamba-hambaNya yang bertaqwa dan beriman.

Akan tetapi jika banyak amal buruk yang dilakukan, maka yang akan menemani kita adalah murka Allah. Kita akan dilempar pada kerajaan neraka yang begitu mengerikan, menyakitkan dan juga tidak ada kebahagiaan di dalamnya. Kita akan berteriak sekeras-kerasnya meminta pertolongan, akan tetapi tidak ada satupun yang bakal mendengar, bahkan keluarga, anak dan juga harta kita sendiri tidak akan mendengarnya.

Nah, sudah kita mempersiapkan diri untuk mencari bekal menghadap kepada Sang Maha Kuasa yang merupakan penguasa bumi dan langit, dan menguasai setiap kehidupan sebelum dan setelah kematian?

Apa yang akan kita pamerkan dan juga banggakan di depan Yang Maha Kaya, Istana yang megah, jabatan tinggi, istri yang banyak dan cantik-cantik, istana megah atau anak-anak yang lucu? Maha Besar Allah, semua itu tidak akan bisa menyelamatkan kita dari siksa dan juga pedihnya amal buruk. Satu-satunya yang bisa memberikan kita ketenangan dan keselamatan yaitu amal soleh.

Related Posts

loading...