10 Pesan Nabi Jelang Ramadan

Advertisement

loading...
AkuIslam.ID - Tak akan lama lagi kita akan disapa kembali oleh bulan Ramadan. Sebaiknya kita sudah siap-siap lahirbatin menyambut hadirnya bulan suci itu. Para ulama merangkum sepuluh pesan Nabi untuk menyambut hadirnya Ramadan.

Ilustrasi

Alhamdulillah, Ramadan masih selalu datang disetiap tahun untuk kita semuanya, Mari kita renungkan pesan Nabi dalam sebuah hadis, "Barangsiapa yang bergembira datangnya bulan Ramadan, diharamkan Allah jasadnya menyentuh api neraka," (HR An-Nasa'i).

Nah, tentu kita sudah punya persiapan lahir dan batin. Apa saja yang disiapkan? Berikut 10 pesan Nabi jelang Ramadan :

1. GEMBIRA

Alhamdulillah, Ramadan akan segera tiba. Begitulah seharusnya ekspresi kaum muslimin menyambutnya. Rasulullah Saw juga mempertegas dalam sabda beliau kepada para sahabatnya, "Bulan Ramadan telah mendatangi kalian, bulan Ramadan adalah bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan puasa pada bulan ini. Padanya dibuka pintu pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka....," (HR Ahmad).

2. MERENUNG

Selanjutnya mari kita sambut bulan seribu bulan itu dengan bermuhasabah. Mari kita hitung, sudah begitu besarkah dosa kita. Muhasabah menjelang Ramadan mampu menggugah semangat untuk memperbaiki diri dan meningkatkan amal baik dengan ibadah sebaik mungkin selama Ramadan nanti.

Allah SWT berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, bertawakalah kepada Allah dan hendaklah setiap jiwa melihat kepada dirinya apa yang telah ia persiapkan untuk hari esoknya, ....," (QS Al-Hasyr: 18-19).

3. BERDOA

Selanjutnya mari kita sambut Ramadan dengan doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw, "Allahumma baariklanaa fii rojaba wa sya'ban, wabaariklanaa ramadhan."

Artinya, "Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, serta berkahilah kami dalam bulan Ramadan," (HR Ahmad).

Doa ini dibaca sejak bulan Rajab.

4. JAGA KESEHATAN

Kesehatan penting dalam menyambut puasa. Sebab keutamaan Ramadan secara sempurna tidak akan mudah kita dapatkan kalau kondisi fisik kita tidak fit. Untuk itu, menjelang Ramadan kita harus siapkan fisik kita baik-baik agar siap lahir batin. Rasulullah Saw bersabda, "Dua nikmat Allah yang di situ banyak orang merugi, yaitu nikmat kesehatan dan waktu luang," (HR Tirmizi).

5. BERISTIGFAR

Setelah kita mengintruspeksi diri, mari segera sadar akan dosa dan merendahkan diri kepada Allah dengan beristigfar atau memohon ampun kepada-Nya. "Wahai sekalian manusia, bertobatlah kepada Allah dan memohonlah ampun kepada-Nya, sesungguhnya aku bertobat dalam sehari sebanyak 100 kali," (HR Muslim).

Apalagi, menjelang Ramadan, alangkah indahnya jika kita memasuki gerbang Ramadan dengan ampunan Allah SWT.

6. BERLATIH BERUASA

Selagi ada waktu, mari kita menata diri sambut Ramadan dengan berlatih puasa dan ibadah lain, termasuk kepada anak-anak kita di bulan Syakban.

Seperti melatih berpuasa, membaca Alquran, qiyam, sedekah dan lain sebagainya. Dari Aisyah RA, "Tidaklah saya melihat Rasulullah Saw menyempurnakan satu bulan puasa kecuali Ramadan, dan tidaklah saya melihat Rasulullah yang paling banyak berpuasa kecuali di bulan Syakban," (HR Bukhari).

7. AKRABKAN KELUARGA

Memperbaiki hubungan dengan saudara dan keluarga. Allah berfirman, "Bertakwalah kepada Allah dan perbaiki hubungan diantara kalian". Memperbaiki kembali hubungan dengan keluarga menyambut Ramadan akan semakin menambah keharmonisan dalam keluarga ketika menjalankan ibadah puasa, karena hati yang bersih akan semakin suci. Maka menjelang Ramadan, saatnya untuk saling meminta maaf dan memaafkan.

8. SIAPKAH BEKAL

Bekal yang dimaksud adalah mempersiapkan bekal keperluan apa saja selama bulan Ramadan. Artinya, jauh-jauh hari kita menabung untuk kebutuhan Ramadan sehingga kita bisa konsentrasi ibadah. Sehingga waktu yang ada dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk memperbanyak ibadah dan tilawah.

9. DALAMI ILMU PUASA

Setiap ibadah ada aturannya alias ada ilmunya. Untuk itu, sebelum tiba bulan Ramadan, sebaiknya kita belajar tentang fikih puasa, fikih ibadah, dan lainnya. Bisa ikut pengajian dan membaca buku-buku berkenaan dengan Ramadan. Sehingga diharapkan dapat melaksanakan tuntunan ibadah puasa dengan benar, terhindar dari kesalahan-kesalahan yang dapat membatalkan ibadah puasa atau mengurangi nilainya.

10. SIAP KEUANGAN

Dari Ibnu Abbas, ia berkata, "Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, tapi beliau lebih dermawan pada bulan Ramadan saat beliau kedatangan Jibril. Saat itu kedermawanan Rasulullah seperti angin yang berhembus," (HR Bukhari dan Muslim).

Untuk itu, sebelum Ramadan tiba, mari kita sisipkan dalam rancangan anggaran kebutuhan kita, budget untuk bersedekah.


loading...