Ucapan Tasbih Malaikat Laut

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Sesungguhnya jumlah malaikat itu sungguh banyak. Salah satunya adalah malaikat penjaga laut. Malaikat tersebut begitu taat kepada Allah SWT dengan ucapan tasbih yang tak pernah dilewatinya.

Ilustrasi

Dikisahkan dalam kitab Irsyadul 'Ibad karangan Asy-Syekh Zainuddin Al Malibari. Bahwa, ada seorang nasrani yang bertobat dari agamanya dan memeluk Islam. Sejak menyatakan diri masuk Islam, mantan pemeluk Nasrani tersebut lalu melakukan tawaf mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali.

Namun, setelah itu ia mengalami guncangan hebat dalam dirinya. ia pun memutuskan untuk mengembara ke sebuah tempat yang sunyi. Ia berjalan mencari tempat kesunyian hingga akhirnya sampai di suatu tempat, yakni di pinggir lau. Di tempat itu ia berhenti sambil merenung seorang diri.

Ketika itu, hari mulai gelap gulita. Di tengah-tengah kesunyiaan, tiba-tiba terdengarlah gemuruh suara seperti berasal dari suara hewan yang besar. Suasana hatinya bercampur aduk, mulai dari takut, gundah, waswas, dan khawatir ada binatang buas yang akan memangsanya.

Orang tersebut lantas ketakutan. Ia memutuskan memanjat ke sebuah pohon besar, dengan pertimbangan di atas pohon itu dirinya lebih aman dari ancaman binatang buas. Meski demikian, ia tidak bisa tidur karena hatinya dihantui dengan ketakutan yang luar biasa.

BERTEMU MALAIKAT

Semakin lama suara gemuruh itu semakin jelas. Perlahan ia mulai melihat di permukaan laut ada sebuah makhluk Allah bertubuh besar, namun aneh wujudnya. Kepalanya berwujud burung kasuari, tapi berwajah seperti manusia (yang memiliki paruh), badannya seperti unta yang memiliki punuk, ekornya seperti ekor ikan. Makhluk itu hanya muncul di permukaan laut saja.

Karena ketakutan, si mantan Nasrani itu berteriak dari kejauhan. Makhluk itu pun menyadari ada manusia yang mengetahuinya.

"Hai, siapa itu?" tanya orang tersebut.

"Wahai manusia, mengapa engkau tidak mengucapkan salam kepadaku?" tegas makhluk itu balik bertanya.

Atas permintaan itu, si mantan Nasrani tersebut langsung menuruti permintaannya dengan memberikan salam. Saat ia turun dari pohon, ia kaget melihat lebih dekat bentuk asli makhluk itu, ia berniat untuk lari karena takut. Tapi, ia ditegur oleh makhluk tersebut.

"Wahai manusia, mengapa engkau lari dariku? Jika engkau lari, niscaya engkau akan binasa," tegas makhluk itu sehingga si Nasrani tersebut menghentikan langkahnya.

PAHALA BERTASBIH

Tak lama kemudian, makhluk itu memperkenalkan diri bahwa ia adalah seorang malaikat yang Allah cipta untuk berdiam di atas permukaan laut. Ia merupakan salah satu bala tentara Allah. setiap hari ia melantunkan tasbih. Selain itu malaikat itu juga diperintahkan untuk taat kepada seorang hamba Allah, yakni Nabi Khidhir As. Maka, malaikat itu pun menjadi bagian bala tentara Nabi Khidir As di lautan.

Dalam riwayat lain di dalam kitab Quutul Quluub diceritakan bahwa Ibrahim bin Adham suatu malam shalat di tepi laut. Kemudian ia mendengar suara nyaring mengucapkan tasbih tanpa kelihatan siapa yang mengucapnya.

Ia lalu berteriak, "Siapakah Anda? Saya mendengar suaramu, tetapi tidak melihat rupamu?"

"Aku adalah malaikat penjaga laut ini, aku selalu mengucapkan tasbih ini sejak aku diciptakan," jawab suara tersebut.

Kemudian Ibrahim pun bertanya lagi, "Siapa namamu?"

"Mahlahyaabil," jawab suara itu.

"Apa pahala orang yang mengucap tasbih tersebut?" tanya Ibrahim penasaran.

"Barang siapa mengucapkannya seratus kali, maka ia tidak akan mati melainkan setelah melihat tempatnya di surga atau diperlihatkan kepadanya," jawab malaikat laut tersebut.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...