Terapi Sehat Saat Bangun Tidur

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
Tidur merupakan ibadah. Bangun tidur pun adalah karunia Allah SWT. Untuk itu, sambutlah rahmat Allah itu dengan doa dan ibadah.

Ilustrasi

Tidur dapat bernilai ibadah jika diiringi niat ibadah dan diawali dan diakhiri dengan doa. Berikut ini tuntunan dari Rasulullah Saw yang bersumber dari berbagai hadis.

BERDOA

Rasulullah mengajarkan satu doa jika sudah bangun tidur hendaknya membaca doa sebelum berdiri dari tempat pembaringan. Doanya, "Alhamdulillahiladzii ahyaanaa ba'damaa amaatanaa wa ilayhinnusyuur. (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan)," (HR Al Bukhari No 6312 dan Muslim No 27111).

BUANG DENGKI

Setelah berdoa, batin kita pun harus terjaga dari sifat-sirat yang buruk. Hendaknya menyucikan hati dari setiap dengki yang (mungkin timbul) pada saudaranya sesama muslim dan membersihkan dada dari kemarahannya kepada manusia lainnya.

MENGEVALUASI DIRI

Maksudnya, setelah bangun tidur, kita hendaknya senantiasa menghisab (mengevaluasi) diri dan melihat (merenungkan) kembali amalan-amalan dan perkataan-perkataan yang pernah diucapkan.

Setelah itu hendaknya segera bertobat dari seluruh dosa yang dilakukan dan memohon ampun kepada Allah dari setiap dosa yang di lakukan pada hari itu.

MENGUSAP BEKAS TIDUR

Setelah bangun tidur, disunahkan mengusap bekas tidur yang ada di wajah maupun tangan.

"Maka bangunlah Rasulullah Saw dari tidurnya kemudian duduk sambil mengusap wajah dengan tangannya," (HR Muslim No 763 (182)).

BERSIWAK

Selain itu, kita disunahkan untuk bersiwak atau membersihkan diri. Sebagaimana hadis, "Apabila Rasulullah Saw bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak," (HR Al Bukhari No 245 Dan Muslim No 255).

BERISTINSYAQ DAN BERISTINTSAAR

Selanjutnya, segeralah beristinsyaq dan beristintsaar (menghirup, kemudian mengeluarkan atau menyemburkan air dari hidung). "Apabila salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka beristintsaarlah tiga kali karena sesungguhnya setan bermalam di rongga hidungnya," (HR Bukhari No 3295 dan Muslim No 238).

Setelah itu, dilanjutkan dengan mencuci kedua tangan tiga kali. Berdasarkan sabda Rasulullah Saw, "Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, janganlah ia memasukkan tangannya ke dalam bejana, sebelum ia mencucinya tiga kali," (HR Al Bukhari No 162 dan Muslim No. 278).

JIKA MIMPI BURUK

Jika bermimpi buruk, jangan sekali-kali menceritakannya pada siapa pun, kemudian meludah ke kiri tiga kali (diriwayatkan Muslim IV/1772). Selanjutnya, memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk dan dari keburukan mimpi yang dilihat. (Itu dilakukan tiga kali) (Diriwayatkan Muslim IV/1772-1773).

Hendaknya berpindah posisi tidurnya dari sisi sebelumnya. (Diriwayatkan Muslim IV/1773). Mudah-mudahan bangun tidur kita menjadi berkah dan bernilai ibadah.

Baca Juga Yang Lainnya: