Suara Itu Dari Dalam Kubur

Advertisement

loading...
AkuIslam.ID - Waktu itu saya baru kelas IV SD. Paman, bibi, dan anaknya datang ke rumah. Mereka mau ziarah ke makan leluhur kami yang tempatnya di sebelah kampung saya. Mereka meminta saya ikut serta. Saat itu waktunya siang bolong.

Ilustrasi

Kami ke pemakaman yang letaknya di tengah sawah. baru beberapa langkah kami masuk tanah pemakaman, saya mendengar ada suatu aneh. Mungkin mirip suara kodok, atau orang ngorok, atau .... entahlah. Sulit saya menggambarkannya.

Saya tengok kesana-kemari mancari asal suara itu. Saya pikir mungkin ada orang sedang menyabit rumput. Tapi tak ada seorang pun selain kami.

Sementara itu paman, bibi dan anaknya jalan lebih dulu di depan saya, seperti tidak mempedulikan suara itu sama sekali.

Sampai di makam yang kami tuju, Paman dan bibi membaca doa. Sedangkan saya dan sepupu saya diam saja menunggui mereka. Selesai berdoa, kami keluar.

Dalam perjalanan keluar itulah suara itu terdengar lagi, bahkan lebih jelas. Saya berjalan paling belakang. Sambil berjalan, saya terus mencari sumber suara. Saya tidak tahu apakah paman, bibi dan anaknya juga mendengar suara itu atau tidak. Yang saya tahu, mereka terus saja berjalan tanpa menoleh.

Saya melewati sekelompok nisan yang sekelilingnya di semen. Ketika menginjak lantai semen itulah saya baru menemukan sumber suara tadi.

Saya agak terkejut karena tempat yang saya injak bergetar. Dari bawah nisah yang paling dekat dari tempat saya berdiri itulah sumber suaranya.

Pikiran polos saya langsung teringat siksa kubur. Saya ingat cerita guru mengaji saya bahwa nabi pernah melewati sebuah kuburan yang penghuninya mendapat siksa.

Oleh nabi dibacakan doa dan di atas kuburannya ditaruh pelepah kurma. Saya hendak menirunya. Disitu banyak bunga kamboja bertebaran. Saya ingin memungut dan menaruhnya diatas nisan tadi. Tapi karena paman dan bibi sudah jauh meninggalkan saya, saya malah ketakutan dan segera meninggalkan tempat itu.

Sampai sekarang pun saya masih ingat tempat itu. Saya tidak tahum apakah suara aneh itu siksa kubur atau apa. Hanya saja, prasangka saya waktu itu memang demikian. Sejak itu, saya jadi yakin bahwa kehidupan di dunia ini tidak berakhir begitu saja. Setelah manusia mati, akan menyusul kehidupan lain di alam yang lain pula. Wallahu a'lam bisshowab.


loading...