Siksa Kubur Orang Munafik

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Orang-orang munafik boleh saja berbangga diri selama di dunia dengan banyak menggumbar dusta. Namun azab atau siksa Allah kelak akan menyapa mereka di alam kubur dan Neraka Jahanam. Mereka pun hanya bisa menjerit-jerit hingga semua makhluk mendengar jeritan itu, kecuali jin dan manusia.

Ilustrasi

Allah akan memberikan siksaan yang sangat pedih terhadap orang-orang munafik, yakni orang yang suka berdusta dengan berpura-pura menjadi orang yang beriman.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran, "Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata, 'Kami mengakui, sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah.' Dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul-Nya, dan ALlah mengetahui bahwa sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang pendusta," (QS Al Munaafiqun: 1)

Akibat dari dusta yang mereka lakukan tersebut, orang-orang munafik diancam oleh Allah akan mendapatkan siksa yang sangat pedih, sebagai balasan atas perbuatan dan perkataan mereka. Allah SWT berfirman, "Kabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih," (QS An Nisa': 138).

SIKSAAN YANG PEDIH

Bahkan dalam ayat selanjutnya dijelaskan, orang-orang munafik itu kelak akan ditempatkan di neraka yang paling bawah. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka," (QS An Nisa: 145).

Dalam hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik Ra, dikisahkan bahwa orang-orang munafik mendapatkan siksa yang sangat pedih karena tidak bisa menjawab saat ditanya siapa orang yang diutus oleh Allah SWT.

Mereka mengatakan bahwa dahulu mereka hanya mengatakan apa yang dikatakan oleh orang lain. Mereka tidak memahami apapun dan tidak membaca serta tidak mengikuti Alquran.

Orang munafik itupun kemudian disiksa dan dipukul keras dengan palu dari besi. Mereka pun terus menjerit-jerit karena kesakitan. Begitu dahsyatnya jeritan mereka di dalam kubur, suara orang-orang munafik tersebut didengar oleh semua yang berada di sekitarnya, kecuali oleh jin dan manusia.

JELMAAN AMAL BURUK

Sementara itu, berdasarnya riwayat Abu Dawud disebutkan, selaind isiksa dengan palu dari besi, orang-orang munafik tersebut juga didatangkan panas dan racun api dari neraka kepada orang ini. Selain itu, kuburnya juga disempitkan hingga menghimpit dan meremukkan tulang-belulangnya.

Setelah itu, amal perbuatan buruknya datang kepadanya dengan menjelma sebagai orang yang buruk rupa. Siksaan yang demikian dialami oleh orang-orang munafik hingga hari kiamat tiba. Namuns etelah itu, bukan berarti siksaan untuk mereka sudah usai. Sebab di hari Kiamat nanti, mereka akan mendapatkan siksaan yang lebih pedih lagi di Neraka Jahannam.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...