Rahasia Dan Sunah Hatamkan Alquran

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Bisa jadi, kita termasuk orang yang galau jika lupa membaca berita di media setiap pagi. Tapi pernahkah kita "memaksa" diri kita untuk selalu membaca Alquran? Padahal itulah bacaan terbaik. Mari bertanya kepada diri kita sendiri.

Alquran

Alquran adalah kitabullah dan membacanya merupakan ibadah yang paling utama dan merupakan perbuatan yang paling disukai oleh-Nya.

Dari Abdullah bin Mas'ud Ra, sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Dan kebaikan itu dilipatgandakan dengan sepuluh kalinya. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif itu satu huruf, Lam ituy satu huruf, dan Mim itu satu huruf," (HR At Tirmizi). Berikut rahasia dan sunah-sunah menghatamkan Alquran:

NIAT KUAT

Untuk dapat mengkhatamkannya dalam satu bulan atau dengan kata lain memiliki azam untuk membacanya satu juz dalam satu hari. Jika terlaksana insya Allah setiap bulan kita hatam Alquran. Syukur-syukur kita mampu lebih cepat dari itu.

Rasulullah Saw telah memerintahkan Abdullah Ibnu Umar untuk mengkhatamkan Alquran setiap minggu (7 hari) (HR Bukhari, Muslim). Sebagaimana yang dilakukan Abdullah bin Mas'ud, Utsman bin Affan, Zaid bin Tsabit, mereka mengkhatamkan Alquran sekali dalam seminggu.

BERWUDU

Usahakan untuk senantiasa membersihkan diri (Berwudu) terlebih dahulu sebelum kita membaca Alquran. Karena kondisi berwudhu, sedikit banyak akan membantu menenangkan hati yang tentunya membantu dalam keistiqamahan membaca Alquran.

BERURUTAN

Diusahakan juga membaca Alquran dari awal hingga hatam seluruh Alquran 30 Juz, membaca berurutan sesuai dengan urutan mushaf tidak memilih surat-surat khusus. Dari Abdullah bin Amr, ia berkata bahwa "Rasulullah Saw bersabda, 'Bacalah (khatamkanlah) Alquran dalam sebulan.' Abdullah bin Amr lalu berkata, 'Aku mampu menambah lebih dari itu.' Beliau pun bersabda, 'Bacalah (khatamkanlah) Alquran dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu'," (HR Bukhari).

PILIH WAKTU

Mengkhususkan waktu tertentu untuk membaca Alquran adalah cara yang sangat efektif untuk "memaksa" diri kita selalu membaca Alquran tersebut, kecuali jika terdapat sebuah urusan yang teramat sangat penting. Hal ini dapat membantu kita untuk senantiasa komitmen membaca setiap hari. Waktu yang terbaik menurut penulis adalah ba'da Subuh.

AJAK KELUARGA

Lebih istimewa lagi kita mengajak keluarga untuk melakukannya, minimal ikut berdoa kala kita haram Alquran. Adalah Anas bin Malik, beliau memiliki kebiasaan apabila telah mendekati kekhataman dalam membaca Alquran, beliau menyisakan beberapa ayat untuk mengajak keluarganya guna mengkhatamkan bersama.

Dari Tsabit Al Bunnani, beliau mengatakan bahwa "Anas bin Malik jika sudah mendekati dalam mengkhatamkan Alquran pada malam hari, beliai menyisakan sedikit dari Alquran, hingga ketika Subuh hari beliau mengumpulkan keluarganya dan mengkhatamkannya bersama mereka," (HR Darimi).

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...