Pohon Kurma Pun Dapat Berjalan

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
Salah satu mukjizat Nabi Muhammad adalah mampu membuat pohon kurma untuk berjalan. Setelah diperintahkan menghadap kepada Rasulullah, pohon itu berjalan menghampirinya, lalu kembali ke tempatnya semula. Berikut ini kisahnya.

Pohon Kurma

Kisah mukjizat tersebut diceritakan dalam kitab Muhimmah. Kala itu, ada seorang Baduwi menemui Rasulullah Saw untuk meminta pendapat. "Aku tidak akan pernah percaya kepada ajaranmu sebelum aku melihat mukjizatmu," kata orang Baduwi kepada Nabi Muhammad Saw.

PERMINTAAN BADUI

Mendengar permintaan itu, Rasulullah Saw tidak marah. Beliau menuruti keinginan orang Baduwi itu sembari berdoa agar Allah SWT memberikan hidayah berupa keimanan kepada orang tersebut.

"Baiklah, akan aku tunjukkan apa yang engkau inginkan," tutur Rasulullah Saw.

"Suruhlah pohon kurma yang kering itu berjalan dan menghadap kepada engkau," kata Baduwi itu.

Dengan tersenyum simpul, Nabi Muhammad Saw menyuruh Baduwi itu untuk berjalan mendekati pohon itu. Nabi Saw memerintahkan untuk memanggil pohon itu. "Pergilah engkau kepada pohon kurma yang kering itu. Katakan kepada pohon itu bahwa Muhammad memanggilnya," ucap Rasulullah Saw.

"Baik, perintah Anda aku lakukan," jawab Baduwi itu.

POHON BERJALAN

Beberapa saat kemudian, orang Arab Baduwi itu pun melakukan apa yang diperintahkan Rasulullah Saw. Setelah menyampaikan salam dari Rasulullah Saw, pohon kurma itu mulai bergerak ke kiri dan ke kanan. Selanjutnya, pohon kurma itu tercabut akar-akarnya dari tanah dan berjalan menghadap Rasulullah Saw, lalu memberi salam.

Kemudian Nabi Saw menjawab salam pohon kurma itu. Melihat peristiwa itu, Arab Baduwi itu terus mengucap kalimah Syahadah. "Cukuplah ya Rasulullah Saw, cukuplah. Sekarang aku membenarkan ajaran yang engkau dakwahkan," kata orang Baduwi itu dengan terkagum.

Rasulullah Saw pun kemudian memerintahkan pohon kurma itu kembali ke tempatnya. Tak lama kemudian, pohon kurma itu berjalan ke tempat asalnya dan kembali seperti pohon kurma yang tegak berdiri tertanam.

"Wahai Rasulullah Saw, aku telah meminta darimu sesuatu yang tidak pernah diminta oleh orang lain. Itu pun engkau laksanakan. Karena itu, izinkan aku sujud kepadamu. Izinkan aku setiap kali sujud shalat di belakangmu," ujar orang Baduwi itu lagi.

"Tidak harus seorang manusia sujud kepada manusia. Jika diharuskan, maka akan aku perintahkan semua kaum wanita sujud pada suaminya, karena membesarkan dan memuliakan hak-hak suami mereka," jawab Rasulullah Saw penuh hormat.

Baca Juga Yang Lainnya: