Mewaspadai Jenis-Jenis Iblis

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Iblis adalah musuh yang sesungguhnya (the real enemy). Sejak Adam diciptakan hingga sekarang, ia menjadi musuh setiap umat Islam yang harus dihancurkan. Sangat banyak orang yang terjebak dan masuk ke dalam perangkapnya. dan sedikit sekali yang selamat. Mereka itulah orang-orang shaleh yang bertakwa kepada Allah.

Ilustrasi jenis-Jenis Iblis

Sebagai musuh terbesar umat manusia, iblis kerapkali mengerahkan segala bala tentaranya untuk menggoda manusia. Setiap lini dalam kehidupan manusia, iblis senantiasa menempatkan pasukan-pasukannya yang tidak pernah kita sadari sama sekali.

Di rumah, pasar, mal, kantor dan sebagainya, selalu ada pasukan-pasukan iblis. Karena itu, manusia tidak bisa lepas dari pantauan iblis. Kemana kita pergi, mereka selalu mengejar dan menggoda kita. Sebab, inilah janji iblis saat pertama kali dinyatakan sebagai pembangkang oleh Allah.

Dalam sejarah, kita tahu bahwa iblis tidak sudi tunduk pada Adam, makhluk Allah yang dibuat dari bahan yang hina dina. Iblis merasa dirinya 'lebih super' dibandingkan Adam, yang baru kemarin diciptakan.

Karena iblis merasa sudah lama berbakti dan beribadah kepada Allah. Iblis menjadi sombong. Ia mulai berani melawan perintah Allah. Allah pun murka dan mengusir iblis dari surga.

Namun, iblis mengucap sumpah di depan Allah, Adan dan malaikat, bahwa ia akan menggoda umat manusia hingga kiamat agar menjadi golongan yang sesat seperti dirinya. Sumpah iblis tersebut diamini Allah. Maka jadilah iblis sebagai the real enemy umat manusia, terutama umat Islam, sejak Nabi Adam hingga kiamat nanti.

Untuk itu, apa dan bagaimana iblis sejatinya? Apakah tugas-tugasnya? Untuk menghindari jerat dan perangkat iblis, sebagai hamba Allah yang terus digodanya kiranya kita perlu menyelami mahluk laknat yang satu ini.

TUGAS-TUGAS IBLIS

Beberapa pakar istilah berpendapat bahwa akar kata iblis adalah 'ajam (bukan bahasa Arab), tetapi telah diarabkan. Istilah iblis berasal dari bahasa Yunani yaitu diabolos. Kata diable dalam bahasa Perancis atau devil dalam bahasa Inggris diambil dari istilah tersebut.

Pendapat lain mengatakan bahwa iblis diambil dari kata bahasa Arab yang berasal dari iblaas yang berarti putus asa, kebingungan, panik serta diam karena sedih. Sebagian lainnya berasal dari balasa yang memiliki arti berputus asa dari rahmat Allah. Selain itu, banyak sekali hadits yang menyebutkan bahwa istilah iblis dari asal kata iblaas dan pendapat ini dibenarkan oleh ahli bahasa.

Dalam al-Qur'an, istilah iblis disebutkan sebanyak sebelas kali dalam bentuk tunggal, sembilan kali terkait dengan kesombongan iblis dan penolakannya bersujud kepada Adam.

Dalam Nahjul Balaghah istilah iblis disebut sebanyak sebelas kali. Sementara tugas-tugas iblis yang akan menggoda manusia hingga tersesat sampai hari kiamat, dapat diurai sebagai berikut :

Satu, Qafandar. Pekerjaannya menabuh gitar di rumah-rumah selama empat puluh hari sehingga penghuni rumah itu akan kehilangan harga diri dan kecemburuannya. iblis ini akan datang kepada mereka yang senang bermain gitar dan menggodanya hingga lupa beribadah kepada Allah.

Maksudnya: pekerjaan iblis jenis ini selalu menggoda manusia yang menyenangi dunia seni dan musik begitu kelewat batas hingga melupakan kewajiban-kewajiban sebagai hamba Allah.

Dua, Akwariya Zawal. Pekerjaannya adalah ikut serta dalam nikah dan hubungan seksual. Karena itu, saat berhubungan seksual, suami-istri hendaklah dibarengi bacaan-bacaan doa, sebab iblis yang bernama awkariya zawal ini akan datang dan ikut menabur benih jika dimungkinkan.

Tiga, Wahhar. iblis jenis ini datang dalam mimpi orang mukmin dan mengganggu mereka melalui mimpi-mimpi yang meresahkan dan menyedihkan. Karena itu, kalau kita bermimpi buruk, maka pasti sedang digoda oleh setan yang bernama wahhar. Ia sengaja menabur benih-benih keburukan lewat mimpi agar kita dibuat resah.

Empat, Tamrih (pembantu iblis). Imam Ja'far Shadiq menjelaskan bahwa ia memiliki pembantu yang bernama Tamrih yang di malam-malam hari, saking besarnya hingga dapat memenuhi Timur dan Barat. Pekerjaannya membisiki telinga manusia. Tentunya bisikan-bisikan yang menyesatkan, yang kerapkali membuat hati kita berubah-ubah.

Lima, Matkun. iblis jenis ini bisa berubah berbagai wajah, baik kecil maupun besar dan menipu manusia melalui cara itu.

Enam, Mudzhib. iblis yang satu ini hampir mirip dengan Matkun. Ia bisa berubah wajahnya dalam berbagai bentuk: binatang, manusia atau apa saja. Yang tidak bisa diserupakannya hanyalah bentuk wajah Rasul. Sebab, Allah langsung menjaganya hingga iblis tidak bisa masuk ke dalam wilayah tersebut.

Tujuh, Ruhaa. Kalau kita malas bangun malam, berarti iblis yang bernama Ruhaa telah beraksi. Ya, iblis yang satu ini bertugas mencegah umat manusia agar tidak bangun malam untuk shalat.

Delapan, Mabshut. Ketika Anda melihat teman berkata bohong, berarti setan yang satu ini sedang menjalani aksinya. Ya, Mabshut adalah setan yang menggoda manusia untuk selalu melakukan kebohongan.

Sembilan, Muthrish. Ketika kita mendengar kabar burung atau isu yang menyesatkan ditengah-tengah masyarakat, berarti setan yang bernama Muthrish ini sedang beraksi. Ia senang membangun opini yang bohong itu untuk kemudian disebar luas hingga mengkristal di tengah-tengah masyarakat.

Sepuluh, Haffaf. iblis jenis ini diberi tugas mengganggu manusia di gurun dan jalan-jalan serta membisiki telinga manusia. Jenis jin ini diletakkan juga pada minuman keras.

Sebelas, Raktubur atau Zalanbur. bertugas dipasar-pasar untuk menampakkan sumpah bohong sebagai kebaikan dan memuji barang-barang dagangan di mata para penjual.

Dua belas, Tsabara atau Tsabur. Diberi tugas untuk membisiki manusia yang ditimpa musibah agar mencakar wajah serta leher dan menyuruh manusia untuk saling bunuh-membunuh.

Tiga belas, Daasim, Setiap kali seorang suami masuk rumahnya tanpa mengucapkan salam dan tidak menyebutkan nama Allah, maka ia akan masuk kepadanya yang menabuhkan genderang pertikaian dan perselisihan di dalam rumahtangga dan juga akan menyertai manusia saat makan.

Empat belas, Laqiswawalha atau Walhan. Pekerjaannya membujuk wanita agar melakukan perbuatan lesbian (hubungan sejenis). Imam Jak'ar Shadiq pernah melaknat Laqis yang disebutnya sebagai anak perempuan iblis.

Lima belas, Khanzab. Dalam shalat kita kerapkali tidak bisa khusyuk. Khanzab inilah yang menggoda kita. Ia selalu datang ketika kita hendak shalat dan menggoda kita agar shalat menjadi tidak khusyuk.

Enam belas, Abyadh. Pekerjaannya membuat masyarakat marah. Ketika ada satu persoalan genting, masyarakat mudah marah hingga terjadi pertikaian antara kampung, itu semua merupakan andil seta yang satu ini. Karena itu, waspadalah!

Demikian beberapa nama iblis dan keturunannya dengan tugasnya masing-masing. Mereka selalu datang pada setiap lini kehidupan manusia. Dimana pun kita berada mereka akan selalu ada. Kedatangan mereka tidak pernah kita ketahui karena bentuknya yang halus.

Namun, kita harus yakini dengan sepenuh hati bahwa mereka selalu ada untuk menggoda kita agar tersesat dari jalan yang benar. Karena itu, perbanyaklah dzikir dan doa setiap kali kita melakukan tindakan. Insya Allah, kita pun akan selalu terhindar dari segala bujuk rayunya. Amin.

Baca Juga Yang Lainnya: