Ketika Bisnis Bangkrut, Cobalah Lakukan Hal Ini Untuk Bangkit?

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
Ketika bisnis mengalami masa kebangkrutan, langsung saja hajar dengan sedekah. Resep itu yang dilakukan oleh Hj. Fida. Tidak tanggung-tanggung, ia bersedekah "gila-gilan" hingga bisnisnya kembali bangkit dan meraih kesuksesan.

Ilustrasi

Sedekah memang sudah jadi kebutuhan hidup keluarga Hj Fida. Bukan hanya pada saat mencapai kesuksesan, saat mengalami kebangkrutan pun sedekah tetap dilakukannya. Terbukti sedekahnya berbalas dengan kesuksesan dalam bisnisnya.

"Saya pernah jatuh bangkrut habis-habisan. Sedekahlah yang membuat kami bangkit," katanya, saat berbagi pengalaman di Ponpes Daarul Qur'an Bulaksantri, Tangerang, beberapa waktu yang lalu.

Waktu itu, beberapa tahun silam, usaha Hj Fida dan juga suami masih menjadi tumpuan nafkah sekeluarga sepenuhnya. Putra-putri mereka, Zascia A Mecca dan Haikal, baru coba-coba masuk ke dunia seni peran.

SEMPAT MELEGO RUMAH

Apa yang hendak dikata, bisnis miliaran rupiah yang dijalankan Hj Fida bersama suami, bangkrut. Mobil dan rumah sampai dilego untuk menutupi sebagian utang itu. Keluarga ini pun hijrah ke rumah orang tua Hj Fida.

"Sabar ya Ma, insya Allah nanti kami akan bangkit lagi," Hj Fida menghibur ibunda yang cemas dengan kehidupan putrinya.

Laku spiritual pun mulai dijalani Hj Fida dan suami. Sampai kemudian bertemu dengan seorang Ustad dan mendapatkan 'jurus' Sedekah.

Sejak saat itu, setiap hari meski ibaratnya barang sebungkus nasi, Hj Fida sekeluarga mewajibkan diri bersedekah. Anak-anak misalnya, bederma kepada tukang kebon sekolah, sampai mereka hafal dengan kebiasaan putra-putri Hj Fida ini.

Jalan terang mulai tampak. Ayahanda Hj Fida, ternyata masih memiliki tanah luas yang telantar di Bilangan Cinere. padahal lokasinya sangat potensial untuk dikembangkan. Dengan modal tanah warisan itulah, Hj Fida mencoba membangun perumahan. Investor di dapat, pelan-pelan usahanya mulai bangkit.

SEDEKAH GILA-GILAAN

Ketika berkunjung ke seorang kawan di daerah Cianjur, ia terbelalak. "Sedekahnya 'gila-gilaan'. Ratusan anak yatim ia hidupi. Beberapa ratus bungkus nasi tuh setiap hari dia sedekahkan. Pantesan rezekinya ngalir lancar," kenang Hj Fida, yang kemudian mengikuti jejaknya.

Ketika Hj Fida butuh uang banyak lagi untuk membangun unit-unit rumah baru. Tak dinyana rezeki gurih datang sendiri. Memang yang punya tanah menawarnya share Rp. 2,5 M kontak. Tentu saja kesempatan ini tak ditolak. Bisnis properti mereka pun makin moncer.

Kini keluarga Hj Fida sudah tinggal di rumah sendiri. Anak-anak mereka pun sudah bisa menghidupi diri sendiri dan menabung.

"Kewajiban saya kepada pihak lain belum selesai sepenuhnya. Namanya juga bisnis. Tapi Alhamdulillah, usaha kami lancar, insya Allah bisa menutupnya," Hj Fida bersyukur.

Hj Fida pun menanamkan fondasi sedekah kepada anak-anaknya agar mengikuti jejaknya. Bahkan ia tak ragu-ragu mengingatkan anaknya untuk bersedekah setiap harinya. Hj Fida pun bersyukur karena kebiasaan ia mengeluarkan sedekah ditiru oleh putra-putrinya.

Baca Juga Yang Lainnya: