Jenazah Diusung Malaikat

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Salah satu sahabat Rasulullah yang mendapatkan perlakuan istimewa dari Allah SWT dan malaikatnya. Saat akan dimakamkan, tubuh Saad bin Muadz sangat ringan. Ternyata puluhan malaikat telah mengangkatnya mengantarkan hingga ke liang lahat.

Ilustrasi

Saad bin Muadz merupakan sahabat Anshar. Dia seorang pemuda yang berpostur tinggi-besar dan tampan, bahkan termasuk salah seorang sahabat yang paling tinggi dan besar badannya. Kulitnya putih dan janggutnya rapi.

Saad merupakan tokoh dari Bani Asyhal yang memiliki pengaruh sangat besar untuk kaumnya. Ia memeluk Islam satu tahun sebelum kedatangan Nabi Saw ke Kota Yatsrib, Madinah An Nabawiyah. Saat itu, Saad berusia 31 tahun.

PEMUDA PERKASA

Saat dia telah memeluk Islam. Kemudian Saad berbicara pada kaumnya. "Wahai Bani Abdu Asyhal, apa yang kalian ketahui tentang kedudukan di sisi kalian?" Mereka menjawab, "Engkau adalah pemuka kami, orang yang paling bagus pandangannya dan paling lurus tabiatnya".

Kemudian Saad mengucapkan kalimat yang luar biasa, yang menunjukkan begitu besarnya wibawanya di sisi kaumnya dengan begitu kuatnya pengaruhnya bagi mereka. "Haram bagi laki-laki dan perempuan di antara kalian berbicara kepadaku sampai ia beriman kepada Allah dan Rasul-Nya!," ujar Saad dengan tegas dan lantang.

Tidak sampai sore hari seluruh kaumnya pun beriman kecuali Ushairim, ia beriman saat tiba Perang Uhud. Meskipun belum pernah sujud, namun ia syahid di jalan Allah dalam perang tersebut.

70 RIBU MALAIKAT

Putra Ummu Sa'ad mendapatkan luka pada saat Perang Khandaq. Sepuluh hari setelah peperangan itu, akhirnya dia dipanggil Allah SWT. Kematiannya pun mendapat perhatian luar biasa dari Allah. Kematiannya sampai mengguncang Arsy Allah.

Ibnu Umar Ra meriwayatkan, Rasulullah Saw bersabda, "Hamba shalih yang (kematiannya) telah mengguncang Arsy, membuat pintu-pintu langit terbuka, dan 70 ribu malaikat hadir mengiringinya. padahal, mereka belum pernah turun ke bumi seperti ini sebelumnya, merasa kesempitan kemudian Allah memberinya keleluasaan. Hamba shalih yang dimaksud adalah Sa'ad bin Muadz," (HR Bukhari Muslim).

Saat jasad Sa'ad dibawa keluar. Orang-orang yang mengangkatnya berkata, "Wahai Rasulullah kami tidak pernah mengangkat jenazah seringan ini."

Rasulullah Saw bersabda, "Bagaimana tidak ringan, malaikat telah turun ke bumi begini dan begini. Mereka belum pernah turun dengan cara seperti ini sebelumnya. Dan mereka ikut memikul jenazah bersama kalian."

Dari riwayat ini jelaskah kaum muslimin bersama 70 ribu malaikat ikut mengangkat jasad Sa'ad sampai ke liang lahat.

Bahkan ada kesaksian dari penggali liang lahat dari Saad, yaitu Abu Sa'id al-Khudri, "Saya adalah salah seorang yang menggali makam untuk Saad. Setiap kami menggali satu lapisan tanah, tercium oleh kami wangi kesturi, hingga sampai ke liang lahat".

Baca Juga Yang Lainnya: