Bocah 4 Tahun Hafal Alquran 7 Juz

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
Hati orang tua mana yang tidak senang melihat buah hatinya sudah mengenal Alquran di usia dini. Terlebih anak tersebut sudah khatam Alquran dan hafal beberapa juz. Itulah yang dianugerahkan Allah SWT kepada Hilyah Qonita. Berikut kisahnya.

Hilyah Qonita Bersama Dengan Ibunya

Hilyah Qonita kini sudah berusia 8 tahun. Namun, kala dirinya baru berusia 4 tahun, ia sudah berhasil menjadi juara program Hafidz Cilik di salah satu televisi swasta nasional dan di tahun 2013 ia sudah khatam Alquran.

Sejak dalam kandungan Qonita sudah dibiasakan untuk mendengarkan ayat-ayat Alquran yang dilantunkan oleh ibunya, Nuroniyah Manaf. Hal tersebut tidak lepas dari tekad Nur, untuk memberikan pendidikan alquran kepada buah hatinya langsung dari dirinya dan sang suami, Muslim.

"Saya punya iktikad, anak saya harus bisa baca Alquran bersama saya," ujar Nur.

Hilyah Qonita, juara Hafidz Cilik, Khatam Quran di usia 4 tahun. Nur mengaku, sejak tahu dirinya hamil, ia punya target mengkhatamkan AlQuran.

"Sebelum tilawah, saya biasanya bilang dulu ke anak saya dalam kandungan sambil mengelus perut saya. Saya rangsang pendengarannya dengan suara tilawah yang keras,"tambahnya.

PENDIDIKAN SEJAK HAMIL

Nur adalah lulusah kebidanan yang memperoleh stimulasi untuk merangsang otak bayi. Jika kebanyakan disarankan untuk merangsang memori anak dengan musik klasik, Nur memilih untuk menstimulasi dengan lantunan ayat-ayat suci Alquran.

"Saya gunakan Quran saja karena lebih dahsyat. Beberapa penelitian muslim sudah membuktikannya," tandas Nur.

Dari kebiasaan menstimuli sejak hamil tersebut, maka tidak heran jika setelah lahir, terasa manfaatnya.

"Waktu saja ajarkan iqro, saya tidak terlalu kesulitan mengajarkan huruf-huruf yang sulit. Itu karena memori mereka tidak asing lagi mendengar bacaan sehingga mudah menyerapnya," jelas Nur yang membiasakan stimuli tersebut sejak hamil anak pertamanya, Aufa Alfa Zhillah, yang kini berusia 14 tahun.

Dengan kemudahan menyerap bacaan yang diajarkan, maka tidak heran jika pada usia 3 tahun, Qonita sudah bisa membaca ALquran dan mampu mengkhatamkannya pada usia 4 tahun dengan bacaan yang benar. Subhanallah.

"Di usia 4 tahun, Qonita khatam dengan kaidah tajwid yang benar, walaupun secara teori tidak tahu. Tapi, kalau sudah ketemu hurufnya, dia tahu cara bacanya," tutur Nur yang juga mengajar baca Alquran bagi anak-anak di sekitar rumahnya.

HAFAL 7 JUZ

Dalam mengajari anaknya membaca Alquran, Nur mencontohkannya terlebih dahulu.

"Saya contohkan dulu bacanya. Jadi, ketika dia baca, mudah mengikutinya karena sudah bisa membaca. Saya cek dulu bacaannya. Kalau sudah benar, baru disuruh membacanya seperti itu," ujar Nur yang membiasakan diri membacakan buku untuk anaknya sejak mereka masih bayi.

Nur melanjutkan, setelah bisa membaca, baru dilanjutkan dengan setoran hafalan. Agar hafalannya terjaga, Nur membiasakan anaknya untuk menghafal pada saat makan atau bermain. "Biasanya saya pancing dengan awal ayat dan mereka melanjutkannya," katanya.

Kebiasaan menghafal tersebut dilakukan sejak usia 3 tahun dan hingga sekarang Qonita sudah menghafal Alquran sebanyak 7 juz.

Apa yang dimiliki oleh Qonita memang bentuk anugerah dari Allah SWT. Namun, apa yang dilakukan oleh ibunda Qonita nampaknya dapat dilakukan oleh para ibu lainnya yang sedang hamil.

Baca Juga Yang Lainnya: