Bisakah Menikah Tanpa Restu Orangtua?

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Saya gadis berusia 30 tahun. Saya anak pertama dari 5 bersaudara. Saat ini saya benar-benar bingung. Ada seorang pria yang ingin melamar saya. Kalau dilihat dari sisi agama dan akhlaknya, dia bagus.

Ilustrasi

Menurut pendapat saya, dia adalah orang yang bertanggung jawab tapi yang jadi persoalannya kedua orang tua saya tidak pernah setuju saya nikah dengannya karena kami tetangga. Kelihatannya orang tua saya belum siap jika anak-anaknya menikah. Sering saya mengajak bicara kepada mereka, tapi ujung-ujungnya orang tua malah marah.

Yang ingin saya tanyakan: Apakah doa dan zikir yang harus saya baca agar kedua orang tua saya dibukakan pintu hatinya oleh Allah?

Adakah amalan-amalan khusus yang harus saya jalankan agar kedua orang tua saya merestui kami? Berdosakan saya bila menikah tanpa restu dari kedua orang tua saya?

Diatas adalah pertanyaan dari sahabat Aku Islam yang dikirim dari Yogyakarta.

Semoga Allah SWT selalu menjodohkan Anda dengan jodoh yang terbaik. Lakukanlah shalat sunnah Istikharah dan berdoalah sungguh-sungguh. Untuk menambah kemantapan Anda, bacalah doa yang diajarkan nabi Muhammad Saw setiap lepas shalat :

"Allahumma laa maani'a limaa a'thayta wa laa muthiya limaa mana'ta wa laa raadda limaa qadhayla." (Ya Allah, tiada yang mana'ta wa laa raadda limaa qadhayta. Ya Allah, tiada yang mampu mencegah apa yang kau beri dan tiada yang mampu memberi apa yang kau cegah dan tiada yang mampu menolak keputusanMu).

Bila balasan orang tua Anda tidak menikahkan Anda hanya karena tetangga, maka alasan tersebut tidak sesuai syariat maka Anda boleh minta dinikahkan oleh wali dari jalur ayah atau wali hakim.

Tapi sebaiknya tetap melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada orang tua agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...