Bagi-Bagi Uang Menjelang Pemilu

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.ID - Tidak jarang menjelang pemilu atau pilihan kepala desa, akan ada pemandangan bagi-bagi uang. Apakah uang yang kita terima menjelang pemilu atau pilihan kepala desa tersebut termasuk kategori suap atau pemberiaan biasa?

Ilustrasi Suap Uang

Bagaimana pula orang yang menerima uang tersebut, tetapi menjatuhkan pilihannya sesuai dengan hati nurani bukan atas intimidasi?

Diatas adalah pertanyaan yang dikirim oleh Sahabat AkuIslam.ID dari Semarang.

Pada dasarnya politik uang dalam dunia politik bisa diartikan dengan membeli suara karena suara bisa diperjualbelikan. dan ini jelas melanggar undang-undang juga melanggar peraturan agama karena memberikan suap. Pemberian tersebut bisa masuk kategori suap.

Suap dalam agama jelas bahwa orang yang memberi maupun menerima sama-sama berdosa. Itu salah satu dosa yang terkait dengan keadaan sekarang. Karena itu tidak ada berkahnya jika keberhasilan seseorang menjadi pemimpin tetapi diembel-embeli dengan politik uang atau adanya suap.

Bila calon-calon kepala desa sepakat membagi-bagikan uang kepada rakyat agar mau memberikan suara (tidak golput), tapi tidak mempengaruhi masyarakat mau menjatuhkan pilihan kepada siapa, pemberian itu tidak tercatat, karena tidak dilakukan jauh sebelum pemilihan.

Pemberian tersebut dilakukan saat terjadinya pemilihan. Artinya, secara langsung atau tidak langsung pemberian tersebut berkaitan dengan pemilihan.

Seandainya tidak terkait dengan pemilihan, mungkin tidak jadi menimbulkan masalah, tidak berbau suap. Tapi apapun alasannya, jika kebetulan dilakukan bebarengan dengan adanya penyelenggaraan pemilihan, hal ini tentu rentan dengan kepentingan.

Kita tidak bisa main-main kepada Allah. Allahlah yang lebih tahu niat seseorang apakah niatnya benar-benar memberi atau ada tujuan lain di balik pemberian berbarengan dengan pelaksanaan pemilihan tersebut.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...