Untungnya Mengendalikan Diri

Saturday, February 10, 2018
Advertisement
AkuIslam.Id - Di balik musibah atau kesedihan yang tengah melilit kita semua, selalu ada kebaikan, secercah harapan, jalan keluar serta pahala. Karenanya, kendalikan diri Anda dalam berbagai kesulitan yang Anda hadapi. Selanjutnya, bersiaplah mendapatkan keuntungan besar sebagai imbalannya.

Ilustrasi ( Foto @Source )

Buktinya? Ketika Rasulullah Saw di usir dari Mekah, beliau memutuskan untuk menetap di Madinah, dan kemudian berhasil membangunnya menjadi sebuah negara yang sangat akrab di telinga dan mata sejarah. Ahmad bin Hanbal pernah di penjara di hukum dera, tetapi karena kendali dirinya pula, ia kemudian menjadi imam salah satu madzhab. 

Ibn Taimiyah pernah dipenjara, tetapi justru di penjara itulah ia banyak melahirkan karya. As-Sarakhsi pernah dikurung di dasar sumur selama bertahun-tahun, tetapi di tempat itulah ia berhasil mengarang buku sebanyak dua puluh jilid.

Bukti lainnya, ketika Ibnu Atsir dipecat dari jabatannya, ia berhasil menyelesaikan karya besarnya yang berjudul Jami'ul Ushul dan an-Nihayah. Dalam perkembangan kitab ini menjadi salah satu buku paling terkenal dalam hadits.

Pengalaman Ibnu al-Jawzy tak kalah seru. Ia justru menguasai qira'ah sab'ah setelah diasingkan dari Bagdad. 

Cerita Malik Ibn ar-Raib lain lagi. Meski menanggung suatu penyakit yang mematikan, namun ia mampu melahirkan syair-syair yang sangat indah dan tak kalah dengan karya-karya para penyair besar zaman Abbasiyah. 

Lalu, ketika anak Abi Dzuaib al-Hudzali mati meninggalkan seorang diri, ia justru mampu menciptakan nyanyian-nyanyian puitis yang mampu membekam mulut zaman, membuat setiap pendengarnya tersihir, dan memaksa sejarah untuk selalu bertepuk tangan saat mendengarnya kembali.