Tips Belanja Cerdas Di Tanah Suci

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.Id - Belanja! Ya, Pasti tak terlewatkan ketika Anda umrah bersama keluarga. Tapi hati-hati, perlu ketelitian dan cara khusus agar acara belanja jadi lancar dan nyaman. Agar kegiatan belanja Anda maksimal dan tidak sia-sia, ikuti tips belanja berikut.

Berbelanja Di Arab ( Foto @Source )

Tidak hanya selama musim haji, ketika musim umrah sekalipun, jamaah umrah dari Indonesia memang dikenal gemar berbelanja. Kegemaran bangsa Indonesia berbelanja ini ditambah dengan banyaknya jemaah asal Indonesia yang melaksanakan ibadah umrah, membuat para pedagang selama musim haji, baik orang Arab atau orang Bangladesh dan lainnya tampak "akrab" dengan bahasa Indonesia.

Bahkan lebih mengagetkan lagi, mereka banyak yang sudah mampu memahami dan mengucapkan beberapa bahasa daerah di Indonesia seperti bahasa Sunda, Jawa, Lombok, Banjar dan lainnya.

TETAP & HEMAT

Pusat perbelanjaan yang paling terkenal di kota Makkah adalah Pasar Seng ( kini telah tergusur ) dan Hilton. Di Madinah adalah Pasar Korma, Pasar Mas, dan tempat penerbitan dan penjualan Alquran.

Sedangkan di Jeddah adalah Corniz atau Balad, Hira, dll. Ke pasar-pasar tersebutlah, para jemaah biasanya mengunjunginya untuk belanja, selain pasar-pasar lainnya, yang berjejer di antara hotel (maktab) dengan Masjidilharam atau Masjid Nabawi.

Mayoritas jemaah haji Indonesia dan jamaah umrah Indonesia adalah pembeli. Agar pembelanjaan kita masih sesuai dengan tuntutan agama serta peraturan penerbangan dan efisien, hendaknya mengikuti tips belanja yang cerdas yaitu tepat dan hemat. Tepat artinya hanya membeli barang sesuai dengan kebutuhan, keperluan, dan kemampuan. Hemat bermakna membeli barang termurah dengan kualitas yang sama.

TERENCANA

Untuk itu, disarankan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Sejak di tanah air, buatlah perencanaan belanja yaitu daftar barang yang Anda perlukan dan Anda butuhkan.

2. Ketika sudah mempunyai waktu senggang di tanah suci, lakukan survei belanja. Kegiatan ini untuk konfirmasi ketersediaan barang yang kita perlukan, untuk penemuan barang yang diperlukan akan tetapi belum masuk daftar kebutuhan, serta mengetahui dan mencatat nama pasar atrau toko yang paling murah untuk barang yang kita perlukan. Bagi Anda juga sudah lama tidak umrah, bisa bertanya pada guide Anda tempat belanja mana saja yang tepat untuk dikunjungi.

3. Melakukan revisi penyempurnaan daftar belanja hasil pengamatan atau survei. Pastikan barang yang akan Anda beli benar-benar tersedia dan sesuai kebutuhan.

4., Menetapkan jadwal belanja disesuaikan dengan jadwal dan aktivitas ibadah umrah Anda.

5. Melakukan kegiatan belanja secara bertahap dengan terlebih dahulu melakukan tawar-menawar. Dalam tawar-menawar ini, kecuali untuk barang-barang yang branded, jangan segan-segan untuk menawar dimulai dengan 30 persen dari penawaran mereka.

6. Pedagang di Arab adalah laki-laki. karena itu, untuk jemaah haji perempuan hindarkanlah ajakan pedagang Arab untuk masuk lebih dalam ke tokonya.

7. Akan lebih menguntungkan bila belanja dilaksanakan dengan bergerombol dan tidak seorang diri. Jika diperlukan agar lebih aman lagi Anda minta bantuan guide dari travel umrah Anda untuk didampingi selama belanja, sebab mereka lebih pengalaman dan mudah berkomunikasi.

8. Jangan kaget bila mendapat kasus tertentu. Misalnya, kita sudah menawar, lalu kita mencari toko pembanding. Setelah kita mengetahui bahwa di toko semula lebih murah, kita kembali ke tokok tersebut. Sering terjadi mereka hafal kita dan menawarkan harga yang lebih mahal dari harga semula.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...