Suami Sulit Diajak Sedekah

Friday, February 9, 2018
Advertisement
AkuIslam.Id - Bagaimana caranya untuk menyadarkan suami saya yang sepertinya enggan untuk bersedekah.

Ilustrasi ( Foto @Source )

Keluarga saya ekonominya termasuk kalangan pas-pasan, dibilang miskin tidak, disebut kaya juga bukan.

Tapi saya ingin keluarga saya ini lebih berkah dengan bersedekah.

Diatas adalah pertanyaan dari Sahabat AkuIslam dari Jawa Timur.

Keinginan saudari amat mulia. Semoga Suami Anda bisa terbuka hatinya untuk bersedekah.

Ketahuilah bahwa Allah tidak akan mengurangi apa yang memang menjadi hak kita. Jangankan kita bersedekah, yang memang sudah dijanjikan balasannya oleh ALlah.

Kita tidak bersedekah pun memang Allah sudah Mahabaik. Allah sudah memberi tanpa kita minta, kitanya saja yang kurang bersyukur.

Di sini harus ada sikap dewasa dan matang dari masing-masing, baik Anda maupun suami. Setiap pihak tidak boleh ego dengan pandangannya sendiri, tetapi harus merujuk pada nilai-nilai agama.

Dalam hal ini, tampaknya suami Anda tidak memahami kedudukan harta dan sedekah dalam Islam.

"....Apa saja yang kalian nafkahkan dari kebaikan, maka Allah akan menyempurnakan balasannya, dan kalian tidak akan dizalimi," (QS Al Baqarah: 272).

Allah tidak akan pernah bohong terhadap janjinga. Kitanya saja yang kadang kurang percaya dan jarang bersyukur.

Sedekah adalah anjuran Allah SWT. Di dalam Alquran Allah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, keluarkanlah/nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu," (Surat Al Baqarah: 267).

dalam ayat lain, "Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak dapat bagian," (Surat Adz Dzariyat: 19).

Dari semua itu, berikanlah pengetahuan tersebut kepada suami dengan cara yang baik. Selain itu, berdoalah agar Allah SWT memberikan hidayah kepada Anda sekeluarga agar selalu dalam rahmat-Nya.