Sekilas Tentang Imam Al-Ghazali

shares |

Advertisement
Advertisement
AkuIslam.Id - Imam Abu Hamid Muhammad, yang lebih dikenal dengan al-Ghazali, adalah salah seorang di antara ahli teolog dan sufi muslim terbesar.

Imam Abu Hamid Muhammad ( Foto @Source )

Ia dilahirkan pada tahun 1058 di kota Tus di Persia, timur laut propinsi Khurasan. Nizamul Mulk memberikan jabatan profesor kepadanya di Sekolah Tinggi Nizamiyyah di Bagdad. Tetapi jabatan tersebut ia tinggalkan selama empat tahun untuk mengembara dan menulis.

Kemudian ia mengajar lagi sebentar di Sekolah Tinggi Nizamiyyah di Nishapur. Tak berapa lama, ia kembali ke kota kelahirannya di Tus dan ia meninggal di sana pada tahun 1111. Selama hidupnya ia menulis lebih dari 70 buku.

Di antara kartanya yang cukup dikenal adalah Keruntuhan Para Filosuf (Tahafutul Falasifah). Karyanya ini mendorong Ibn Rusyd (Avveroes) menulis buku besar untuk membantah pendapat al-Ghazali, berjudul Runtuhnya Keruntuhan (Tahafut Tahafutul Falasifah).

Dan, Tahukah Anda, selain seorang teolog dan sufi muslim yang disegani, al-Ghazali memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan. Karya besarnya berjudul Fatihatul Ulum dan Mizanul Amal adalah dua di antara karyanya yang berisi tentang pandangannya terhadap persoalan-persoalan pendidikan.

Karyanya yang berjudul Fatihatul Ulum merupakan penyempurnaan ilmu pendidikan Eropa pada masa itu yang juga menjadi rujukan konsep-konsep pendidikan modern. Dan konsepnya tentang pengembangan psikologi (asosional) dapat Anda nikmati dalam karyanya Mizanul Amal (Kaidah-kaidah Perilaku).

Related Posts