Riwayat Singkat Ibnu Sina

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
1 Ramadhan tahun 428 Hijriah, Abu Ali Sina atau yang terkenal dengan Ibnu Sina, seorang ilmuwan besar muslim, menutup usia pada usia 58 tahun, di kota Hamedan, Iran.

Ibnu Sina pada usia remaja telah menghafal al-Qur'an dan kemudian mempelajari ilmu teknik dan astronomi. Pada usia 18 tahun, Ibnu Sina telah menguasai semua ilmu yang berkembang pada zaman itu.

Ibnu Sina ( Foto @Source )

Meski menguasai sangat banyak bidang ilmu, Ibnu Sina paling terkenal atas kemampuannya di bidang kedokteran.

Atas keberhasilannya mengobati seorang raja Dinasti Samani, Ibnu SIna diizinkan untuk memanfaatkan perpustakaan besar yang dimiliki oleh raja tersebut.

Ibnu Sina kemudian banyak melakukan penelitian di perpustakaan tersebut. Karya-karya penulisan yang dihasilkan Ibnu Sina sedemikian hebatnya, sehingga menjadi rujukan bagi para ilmuwan di berbagai zaman dan berbagai tempat, termasuk di dunia Barat.

Di antara karya terkenal Ibnu SIna antara lain berjudul Syifaa, yang merupakan buku filsafat dan Qanun (undang-undang) yang membahas tentang masalah kedokteran.

Baca Juga Yang Lainnya: