Pertanyaan Imam Ghazali Pada Murid-Muridnya

Tuesday, February 6, 2018
Advertisement
AkuIslam.Id - Suatu hari, Imam Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya. Ia bertanya: "Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?"

Ilustrasi ( Foto @Source )

Mereka menjawab: "Orang tua, guru, kawan, dan sahabat." "Benar, tapi yang paling dekat dengan kita adalah mati." 

Lalu ia meneruskan: "Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?" Mereka para murid menjawab: "Negara Cina, bulan, matahari dan bintang-bintang." "Benar, tapi yang paling benar adalah masa lalu. 

Dengan cara apa pun kita tidak dapat kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu, kita harus menjaga hari ini dengan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.

Kembali Imam Ghazali bertanya: "Apa yang paling besar di dunia ini?" Para murid menjawab: "Gunung, bumi dan matahari." "Semua benar, tapi yang paling besar adalah nafsu."

Kita harus berhati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

Selanjutnya: "Apa yang paling berat di dunia ini?" Ada yang menjawab : Besi dan gajah." "Semua jawaban benar, akan tetapi yang paling berat adalah memegang amanah."

Pertanyaan kelima: "Apa yang paling ringan di dunia ini?" Ada yang menjawab: "Kapas, angin, debu dan daun-daunan." "Semua benar, tapi yang paling ringan di dunia ini adalah meninggalkan shalat. Gara-gara pekerjaan, kita meninggalkan shalat."

Dan terakhir: "Apakah yang paling tajam di dunia ini?" Mereka para murid menjawab serentak: "Pedang." "Benar, tapi yang paling tajam adalah lidah manusia. Karena lidah, manusia selalu bisa menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri."