Olahraga Favorit Rasulullah

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.Id - Ajaran Islam ternyata begitu lengkap dan sempurna. bahkan olahraga saja ternyata dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw, seperti olahraga berlari dan memanah.

Ilustrasi ( Foto @Source )

Olahraga bertujuan untuk menjadikan manusia sehat dan kuat. Dalam Islam, sehat dipandangs ebagai nikmat kedua terbaik setelah iman. Setelah itu, banyak ibadah dalam Islam membutuhkan tubuh yang kuat seperti shalat, puasa, dan berhaji.

Bahkan Allah sebetulnya menyukai mukmin yang kuat. Oleh karena itu, olahraga itu perlu dan yang penting dalam berolahraga, umat Islam menjaga auratnya dan jangan sampai menyakiti satu sama lainnya.

Dari Abu Hurairah Ra berkata, "Rasulullah Saw bersabda, 'Orang mukmin yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT daripada orang mukmin yang lemah....'," (Riwayat Muslim).

BERLARI

Ada banyak olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw, namun hanya beberapa saja yang disukai Beliau, salah satunya adalah berlari. Lari bisa membuat napas dan kaki kita menjadi kuat. Ibnu Abbas Ra berkata, "Rasulullah dan para sahabat datang, lalu orang-orang musyrik berkata, 'Ia berani menghadapmu karena mereka telah dilemahkan oleh demam Yatsrib.' Lalu, Nabi menyuruh mereka tuk berlari-lari kecil pada tiga tempat yang mulia, dan untuk berjalan di antara dua rukun. Tidak ada yang menghalangi beliau untuk menyuruh mereka berlari-lari kecil seluruhnya melainkan untuk mengekalkan atas mereka," (HR Bukhari).

Selain itu, Rasulullah Saw juga menyukai olahraga memanah dan berkuda. Dikisahkan oleh Uqbah Ibnu Amir Ra berkata, "Aku mendengar Rasulullah Saw di atas bersabda, 'Dan siapkanlah kekuatan dan pasukan berkuda untuk menghadapi mereka sekuat tenagamu-ayat, ingatlah bahwa kekuatan itu adalah memanah," (Riwayat Muslim).

Memanah adalah senjata yang bisa membunuh lawan dari jarak jauh. Namun begitu, Rasulullah Saw memperingatkan para pemain agar tidak menjadikan binatang-binatang jinak dan sebagainya sebagai sasaran latihannya, sebagaimana yang biasa dilakukan oleh orang-orang Arab jahiliah. Memanah dapat melatih emosi dan fisik untuk meletakkan target pada sasaran.

KISAH AISYAH

Kesukaan Rasulullah Saw akan olahraga lari pernah ditunjukkan dengan mengajak istrinya Aisyah berlomba lari. Kala itu, Rasulullah Saw dan Aisyah sedang berjalan di suatu gurun pasir terpencil. Rasulullah Saw berkata pada Aisyah, "Aisyah, ayo kita berlomba lari." Mereka lalu berlari di gurun itu. Saat itu, Aisyah masih muda dan kuat. Akhirnya, ia memenangkan lomba itu. Rasulullah Saw, menatap istri tercintanya itu sambil tersenyum.

Lama sesudah itu, suatu hari Rasulullah Saw melakukan penawaran yang sama kepada istri beliau itu. "Aisyah, ayo kita berlomba lari." Aisyah pun menerima tawaran ini. Seiring berjalannya waktu, sekarang Aisyah semakin gemuk sehingga Aisyah tidak dapat berlari sekencang dulu. Kali ini Rasulullah Saw yang memenangkan perlombaan. Rasulullah Saw lalu merangkul istrinya dan berkata, "Jangan sedih Aisyah, sekarang kita impas."

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...