Mengenai Puasa Mutih

shares |

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Postingan Yang Kita Suguhkan bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ya Sahabat :) Terima Kasih
Advertisement
Advertisement
AkuIslam.Id - Assalamu'alaikum Wr. Wb. Teman-teman saya yang berasal dari pulau Jawa kerap melakukan puasa mutih (tidak makan), bahkan kadang-kadang sampai dengan satu minggu. Apakah puasa mutih ada dalam ajaran Islam?

Ilustrasi ( Foto @Source )

Selama ini saya puasa mutih selalu menjadi keraguan saya apakah hal tersebut merupakan ajaran Islam atau merupakan ajaran lain yang tidak ada di dalam Islam.

Diatas merupakan pertanyaan dari Sahabat AkuIslam dari Sukapura.

Saya belum tahu dan baru mendengar istilah Puasa Mutih. Dalam ajaran Islam sudah jelas, yang namanya puasa seperti yang telah kita ketahui bersama definisinya adalah tidak makan, minum dan 'bergaul' di siang hari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari dengan niat puasa karena Allah SWT.

Atas dasar pengertian itu, maka tidak ada sebutan lain menyangkut puasa. Pada waktu Rasulullah SAW berbuka puasa, beliau cuma makan kurma. Menurutnya, kalau tidak ada kurma, cukup dengan minum air putih. Sesudah Shalat, beliau baru makan malam. Begitulah cara yang diajarkan beliau dan beliau menganjurkan orang lain agar melakukannya.

Apakah yang demikian itu sama dengan cara berpuasa mutih? Saya sendiri juga masih belum begitu tahu.

Baca Juga Yang Lainnya:

loading...